Infografis Mohamed Salah Ampuni Pencuri dan Memberinya Uang, Layak Jadi Panutan

Saliki Dwi Saputra
Kamis 14 Oktober 2021 12:46 WIB

KAIRO, celebrities.id - Mohamed Salah menjadi salah satu pesepak bola yang menginspirasi banyak Muslim di dunia. Tak hanya urusan mencetak gol, dia juga menginspirasi dengan aksi positifnya di luar lapangan. 

Pemain Liverpool itu diketahui pernah mengampuni seorang pencuri yang membobol rumahnya dan memberikannya uang, hingga mencarikan pekerjaan.

Kisah inspiratif ini terjadi saat dia  masih berseragam El Mokawloon di Mesir. Dilansir dari Daily Mail, saat itu seorang pencuri diketahui masuk ke rumahnya di daerah Nagrig, Mesir. Sejumlah barang berharga milik keluarga Salah pun raib digondol sang pencuri.

Dua hari setelahnya, kepolisian setempat berhasil menangkap pencuri tersebut. Ayah Salah kemudian berusaha mengajukan tuntutan. Namun ajaibnya, Salah justru membatalkan kasus tersebut dan membebaskan pria yang membobol rumahnya.

Tak cuma itu, eks pemain AS Roma itu juga memberikan pencuri tersebut uang agar dapat membantu ekonomi keluarganya sehingga tidak harus berurusan lagi dengan polisi. Bahkan, dirinya juga membantu pencuri tersebut untuk mendapatkan pekerjaan baru.

Dalam sebuah wawancara, Salah mengaku ingin membantu pencuri itu agar dia dan keluarganya bisa mendapatkan hidup lebih baik. Dia pun percaya bahwa setiap orang layak diberikan kesempatan untuk memperbaiki diri.

"Saya ingin semua orang memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri mereka," kata Salah.

Aksi tersebut menjadi satu dari banyak cerita kebesaran hati Salah sebagai pemain sepak bola. Ayah dari pemain Liverpool itu pun mengaku bangga dengan keputusan putranya itu.

Kebaikan dan kepedulian Salah pun menjadi cerita inspirasi bagi banyak orang. Mantan pelatih Timnas Mesir, Mahmoud Fayez, turut mengomentari kerendahan hati dari mantan anak asuhnya itu.

Menurut Fayez, nilai-nilai kebaikan yang ditanamkan oleh Mohammed Salah itulah yang membuatnya menjadi pemain Muslim yang dicintai banyak orang. Bahkan kini Salah menjadi salah pemain andalan Liverpool untuk meraih gelar Liga Inggris 2021-2022.

"Dia melakukan pekerjaan yang luar biasa. Rahasia kecemerlangannya adalah kerendahan hatinya," ucap Fayez dalam wawancaranya tahun 2017.

Editor : Andre Purwanto