Infografis Penyebab Cat Mobil Cepat Kusam, Hindari Kebiasaan Buruk Ini

Bertold Ananda
Senin 11 Oktober 2021 18:32 WIB

JAKARTA, celebrities.id - Cat mobil selalu bersih dan kinclong disukai pemilik kendaraan. Mobil yang terawat bukan hanya sedap dipandang, tapi juga memberikan nilai tambah bila kendaraan tersebut dijual kembali.  

Namun, menjaga kilau dan keawetan cat tidak semudah mengembalikkan telapak tangan. Faktor usia kendaraan dan kebiasaan buruk pemilik mobil menjadi penyebab cat cepat kusam dan pudar. 

Apa saja yang penyebab cat mobil cepat kusam? Dilansir dari Auto2000, Minggu (10/10/2021), berikut lima kebiasaan buruk yang harus dihindari agar cat mobil tetap kinclong.  

1. Cuci mobil pakai sembarang sabun 

Pastikan untuk menggunakan shampo atau sabun khusus untuk mencuci mobil. Sebab bahan kimia yang terkandung dari sembarang sabun dapat merusak cat.

Alih-alih mobil menjadi lebih bersih, justru dapat mengikis lapisan pernish dan coating cat mobil Anda. Ini membuat mobil cepat kusam. 

2. Parkir dan mencuci mobil di bawah terik matahari 

Terik matahari dapat mempengaruhi warna mobil dalam jangka panjang. Warna cat menjadi cepat pudar.  Terlebih mencuci kendaraan pada terik matahari. Itu akan menimbulkan jamur dan bercak noda pada mobil yang sulit dibersihkan.

Sabun yang menempel pada bodi mobil akan cepat mengering karena efek panas sinar matahari dan menimbulkan waterspot. 

3. Membersihkan noda menggunakan bensin

Banyak orang menggunakan bensin untuk membersihkan body mobil yang terkena noda seperti kotoran atau getah agar cepat hilang. Namun untuk jangka panjang ini tidak baik untuk cat mobil Anda.   

Kandungan bensin yang keras dapat mengikis lapisan cat Anda. Jika dilakukan terus menerus cat mobil dapat pudar warnanya.   

4.  Parkir di bawah pohon

Banyak orang salah kaprah memarkirkan kendaraan di bawah pohon lebih aman karena terhindar dari terik matahari. Padahal hal tersebut kurang tepat. Memarkirkan kendaraan di bawah pohon berpotensi terkena getah pohon.  

Nyatanya membersihkan getah pohon tidak mudah. Butuh effort lebih dan dibarengi penggunaan pembersih khusus body untuk menjaga cat tetap aman saat dibersihkan.  

5. Membiarkan mobil kotor setelah hujan

Kebiasaan buruk pemilik kendaraan malas mencuci dan membersihkan mobil berdampak pada kondisi cat. Terlebih, kotor setelah diguyur hujan.  

Ini tidak hanya membuat cat mobil kusam, tetapi dapat menimbulkan waterspot (jamur). Air hujan juga dapat menyebabkan karat bila dibiarkan menempel lama pada body mobil.

Editor : Andre Purwanto