Infografis Perjalanan Hidup Amitabh Bachchan, Pernah Bangkrut hingga Meminta Pekerjaan pada Yash Chopra

Kevin Koopman
Rabu 29 September 2021 16:21 WIB

INDIA, celebrities.id - Amitabh Bachchan pernah mengalami kebangkrutan pada era 1990an. Amitabh Bachchan Corporation Ltd (ABCL), kala itu, harus gulung tikar dan dia pun dililit banyak utang. 

Dalam keadaan yang serba sulit itu, Amitabh Bachchan putar otak. Tidak ada pilihan, Amitabh Bachchan memutuskan untuk menghubungi Yash Chopra, teman baiknya yang seorang produser sekaligus sutradara. Alhasil, pria yang berusia 78 tahun itu mendapatkan kesempatan hidup baru setelah meminta pekerjaan kepada Yash Chopra. 

Kala itu, Yash Chopra dikenal sukses lewat beberapa filmnya seperti “Chandni”, “Lamhe”, “Dil Toh Pagal Hai”, dan “Veer-Zaara". Film terbarunya adalah “Jab Tak Hai Jaan”.

“Aku memiliki kegagalan finansial yang sangat besar pada bisnis yang aku bangun itu. Kemudian perusahaan itu pun bangkrut dan aku harus memikul bebannya. Aku pergi ke Yash dan mengatakan aku tidak punya pekerjaan. Aku membutuhkannya,” kisah Amitabh pada India Today, beberapa waktu lalu.

Anak Amitabh, Abhishek Bachchan, mengenang masa-masa itu pada wawancaranya dengan Youtuber Ranveer Allahbadia. Abhishek menceritakan bahwa ia harus keluar dari kampusnya di Boston dan kembali ke keluarganya di India. 

“Aku merasa aku tidak cukup mampu untuk membantu ayah, tetapi aku merasa bahwa seorang anak dibutuhkan ayahnya untuk selalu ada untuknya dan membantunya dalam hal apapun. Jadi aku meninggalkan kuliahku. Aku mulai membantu usaha bisnisnya,” ujarnya. 

Abhishek juga mengenang satu kejadian ketika Amitabh memanggilnya ke ruang kerjanya untuk memberitahukan bahwa filmnya tidak berhasil. Bisnisnya juga tidak berjalan dengan baik. Pada saat itu lah momen Amitabh kembali kepada hal basic, yaitu kembali ke dunia acting. 

Singkat cerita, Amitabh mendapatkan peran di “Mohabbatein” yang disutradarai oleh anak Yash, Aditya Chopra. Tidak lama setelah itu, Amitabh membawakan acara game show “Kaun Banega Crorepati”. 

Pada saat itu lah Amitabh mulai bangkit kembali. Dia kini tidak melihat ke belakang dan terus menapak masa depan.

Editor : Andre Purwanto