1.027 Orang Lestarikan Warisan Budaya Tak Benda, Gelar Tari Merak Kolosal di Gedung Sate

Agung Bakti Sarasa
Senin 19 September 2022 11:26 WIB
1.027 Orang Lestarikan Warisan Budaya Tak Benda, Gelar Tari Merak Kolosal di Gedung Sate
1.027 orang menggelar tari merak secara kolosal di Gedung Sate. (Foto: MPI/Agung Bakti)

BANDUNG, celebrities.id - Sebanyak 1.027 orang menggelar tari merak secara kolosal di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung pada Minggu, 18 September 2022. 

Kegiatan tersebut menjadi salah satu upaya untuk melestarikan tari merak sekaligus bentuk kebahagiaan warga Jabar terhadap tarian yang telah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia tak benda oleh Unesco itu. 

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menuturkan, pagelaran tari merak kolosal merupakan upaya Pemprov Jabar untuk melestarikan sebuah budaya. Ke depan, tari merak akan menjadi tarian yang dibawakan dalam berbagai kegiatan formal di Jabar. 

"Kita akan gunakan tari merak di berbagai kesempatan dan event di Jabar," ujar Ridwan Kamil, Senin (19/9/2022). 

Menurut Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini, kegiatan ini pun menjadi momentum untuk menguatkan kebudayaan di Tanah Air, khususnya Jabar di tengah perkembangan media sosial (medsos) dan digitalisasi yang berhasil memasukkan budaya luar negeri ke Indonesia. 

Kang Emil pun berharap, melalui pagelaran tari merak kolosal, kebudayaan Indonesia tetap terjaga dan tidak terkikis, khususnya pada diri anak muda. 

"Makanya kami dukung tari merak ini bisa dilestarikan, mulai dari anak-anak di sekolah hingga ibu-ibu," ujarnya. 

Lebih lanjut Kang Emil mengatakan, dengan kebudayaan yang semakin kuat, maka komplit sudah trisaksi Indonesia, yakni ekonomi yang berdikasi dan politiknya yang berkedaulatan. 

 

1
/
2