10 Film Bollywood Terbaik Sepanjang Masa, Anda Wajib Nonton!

Dyah Ayu Pamela
Sabtu 27 Maret 2021 23:41 WIB
Bintang Film Hollywood (Foto: celebrities.id/Instagram @official_kuchkuchhotahai)

JAKARTA, celebrities.id - Penggemar film mungkin sudah tahu jika film Bollywood memiliki penggemar setia. Ini karena didukung dengan cerita yang kuat dan memiliki karakter kuat sehingga mampu menguras emosi penonton. 

Jika Anda tengah mencoba mencari film terbaik India, ada beberapa referensi, mulai genre komedi, drama romantis hingga action. Dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/3/2021), berikut 10 film India terbaik sepanjang masa. 

1. Anand (1971) 

Film yang diproduksi pada 1971 ini, termasuk film India lawas dan wajib untuk ditonton. Film Anand mendapat rating tertinggi di IMDB kala itu. Film ini menceritakan kisah hubungan antara seorang dokter dan pasien kanker stadium akhir yang akan memberikan penontonnya banyak pelajaran hidup. Dibintangi Rajesha Khanna dan Amitabh Bachchan, film ini memiliki cerita dan alur yang sangat kuat, serta bisa menguras emosi penonyon. 

2. Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995) 

Shah Rukh Khan dan Kajol banyak membintangi film Bollywood, salah satunya film Dilwale Dulhania Le Jayenge yang diproduksi pada 1995. Dalam film ini, chemistry dari kedua pemeran utamanya sangat terlihat alami seakan sungguhan. Film yang disutradarai oleh Aditya Chopra ini, juga berhasil membawa penghargaan Best Movie di Film Fare Awards. Tak hanya itu, film ini juga masuk dalam daftar 1001 Movies You Must See Before You Die versi IMDB. Lagunya pun menjadi hits di India saat itu era pertengahan 1990-an. 

3. Kuch Kuch Hota Hai (1998) 

Pastinya Anda tahu film ini bukan? Kuch Kuch Hota Hai dibintangi oleh Shah Rukh Khan dan Kajol. Film India terbaik sepanjang masa ini merupakan debut dari sutradara Karen Johar. Film India yang satu ini terkesan lebih modern, berwarna dan dinamis pada masanya di era akhir 1990-an. Tak heran jika Kuch Kuch Hota Hai banyak mendapat begitu penghargaan, salah satunya di ajang Film Fare Awards. Setting yang dipakai dalam film ini tak hanya di India, melainkan di Mauritius dan Skotlandia. Memiliki cerita yang melekat di hati para penonton, lagu-lagu dalam film Kuch Kuch Hotta Hai juga membekas di hati penonton.

4. Koi... Mil Gaya (2003) 

Rekomendasi film Bollywood terbaik sepanjang masa selanjutnya berjudul Koi... Mil Gaya. Ini merupakan film fiksi ilmiah yang melegenda. Film Koi... Mil Gaya menceritakan hubungan anak laki-laki dengan sosok alien. Film ini juga mempertanyakan tentang keberadaan alien oleh banyak orang di seluruh dunia. Tak heran jika film ini mendapat banyak penghargaan karena sangat diterima di India dan seluruh dunia. 

5. Rang De Basanti (2006) 

Rang De Basanti bercerita tentang seorang sineas Inggris yang ingin membuat film dokumenter tentang pemberontak di India berdasarkan buku harian ayahnya. Film yang meraih Best Movie di ajang Film Fare Awards ini mendapat sambutan hangat dari para kritikus film dunia. Dinilai sebagai film India dengan nilai produksi yang tinggi dan naskah yang kuat, serta dialog yang baik. Film yang dibintangi oleh Aamir Khan dan disutradarai oleh Rakesy Omprakash Mehra ini sempat menuai kontroversi karena penggunaan pesawat tempur MiG-21, serta kuda balap India yang dilarang oleh pemerintah. Meski kontroversial, film India ini memiliki pendapatan minggu pertama tertinggi sepanjang sejarah perfilman India.

 

1
/
3