10 Hidangan Makanan Tradisional China yang Lezat, Peking Duck Terkenal sejak Abad ke-13

Dzakwan Yusuf
Jumat 17 Juni 2022 21:47 WIB
10 Hidangan Makanan Tradisional China yang Lezat, Peking Duck Terkenal sejak Abad ke-13
Makanan tradisional China yang terkenal lezat. (Foto: Pinkvilla)

JAKARTA, celebrities.id - Masakan China lumayan populer di seluruh dunia, jadi cobalah hidangan makanan tradisional China ini. Masakan Cina otentik ini akan memuaskan selera Anda.

Melansir dari pinkvilla.com Jumat (17/6/2022), hidangan makanan tradisional China populer di seluruh dunia karena disajikan dengan kombinasi unik dari rempah-rempah yang berbeda yang membuat selera makan bertambah, terutama mereka yang menyukai makanan pedas.

Budaya China sangat cinta dan mendalami soal makanan, sehingga mereka menyiapkan makanan mereka dengan banyak cinta. Apa yang membuat makanan China unik dan terkenal di seluruh dunia adalah bahwa semua resep China memiliki makna yang melekat padanya, setiap bahan apakah itu daging, bumbu, atau semua daging-dagingan memiliki arti.

Bagian terbaik dari masakan China adalah mereka memiliki berbagai pilihan untuk vegetarian dan non-vegetarian.

Seperti yang harus Anda ketahui bahwa China adalah negara berpenduduk terpadat di dunia, dan China menyajikan berbagai menu hidangan makanan tradisional China yang sangat berbeda dari satu daerah ke daerah lain.

Memakan makanan China di negara China adalah pengalaman yang sangat berbeda karena siapa sangka yang akan menyiapkan hidangan di menu China lebih baik dari yang lainnya, bukan? Namun, Anda dapat memuaskan hasrat Anda akan hidangan makanan tradisional China dari belahan dunia manapun.

Namun, mungkin sulit bagi Anda untuk memilih hidangan China terbaik dari menu makan malam/makan siang China, jadi kami di sini akan membantu untuk memudahkan Anda dalam memilih menu masakan China

Berikut adalah beberapa hidangan makanan tradisional China terbaik yang harus Anda coba:

1. Nasi Goreng

Juga dikenal sebagai Chǎofàn, ini adalah salah satu makanan Asia terbaik. Nasi adalah makanan pokok dalam masakan China dan merupakan makanan tradisional China yang merupakan makanan lengkap untuk memberi makan seluruh keluarga.

Budaya makanan China sedikit berbeda dengan negara lain, jadi untuk nasi gorengnya menggunakan kombinasi bahan yang kaya protein seperti ayam, udang, atau babi atau sayuran seperti wortel, dan lainnya.

Seperti yang telah disebutkan di atas, hidangan China dapat dimakan oleh vegetarian dan nonvegetarian, jadi untuk nasi goreng, Anda dapat memilih untuk membuatnya dengan daging atau sayuran (atau mungkin keduanya).

Nasi goreng rasanya enak dan merupakan makanan sehat untuk makan siang dan makan malam, juga cukup mudah dan cepat untuk dibuat. Koki populer merekomendasikan membuat nasi goreng dari sisa nasi untuk memberikan rasa yang lebih enak.

Anda pasti bertanya-tanya apa yang orang China makan untuk makan siang? Nah, nasi goreng adalah salah satu hidangan yang mereka santap baik untuk makan siang maupun makan malam. Salah satu makanan paling populer di China, nasi goreng, adalah salah satu hidangan makanan Cina terbaik.

2. Chow Mein

Ketika kita mendengar kata 'chow mein', pikiran kita langsung tertuju ke China karena merupakan fakta yang diketahui secara luas bahwa itu adalah makanan tradisional China yang enak.

Pengucapan chow mein dalam bahasa Kanton adalah bahasa Mandarin chǎomiàn yang berarti mi goreng. Ini adalah makanan China otentik dan rasanya sangat enak.

Dalam daftar 'hidangan China pedas' chow mein pasti datang dan terdiri dari mi, bawang, seledri, dan daging (biasanya ayam, udang, babi, atau sapi).

Fakta yang menyenangkan - konon chow mein ditemukan oleh Shan Gu, seorang wanita yang tinggal di Provinsi Jiangsu. Dia biasa membuat makanan untuk para pekerja yang sedang membangun bendungan dan menyadari bahwa makanan cepat rusak dalam cuaca panas. Jadi, dia datang dengan ide chow mein, hidangan yang tidak mudah basi dan juga bisa dipanaskan kembali.

Berkat dia, chow mein kini menjadi salah satu masakan China terpopuler yang disukai semua kalangan, terutama anak-anak. Menumis adalah cara paling populer untuk memasak mie - Anda hanya perlu merebus mie dalam air sebentar, setelah dimasak dengan benar, saring dan biarkan dingin, lalu tumis dengan sayuran atau daging.

 

3. Dumplings

Dalam makanan China, dumpling cukup populer tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di seluruh dunia.

Mereka memiliki cita rasa asin dalam rasa dan merupakan makanan tradisional China yang populer. Dumpling diciptakan oleh Zhang Zhongjing sekitar 1800 tahun yang lalu.

Bertahun-tahun yang lalu, dumpling menjadi makanan budaya China dan orang-orang memakannya bersama dengan sup. Bahkan, pada masa Dinasti Ming (1368 – 1644 M), sebuah kebiasaan makan dumpling dimulai pada Tahun Baru Imlek.

Menjadi makanan China kuno, dumpling sekarang dimakan setiap tahun pada titik balik matahari Wister dan Tahun Baru China.

Pada Hari Tahun Baru, dumpling dimakan untuk mengucapkan selamat tinggal pada tahun yang lama dan menyambut yang baru dengan sepenuh hati.

Selain itu, mereka juga dianggap membawa keberuntungan di negara ini dan dianggap membawa keberuntungan besar bagi kehidupan masyarakat. Jadi, miliki dumpling untuk menikmati hidangan lezat dan memenuhi hasrat lapar Anda.

Ada banyak jenis pangsit yang berbeda di China, tetapi kebanyakan pangsit dibuat dengan campuran tepung tapioka dan gandum dan diisi dengan bahan-bahan seperti sayuran, daging, tahu, atau telur. Sama seperti Bao Bun, itu juga serbaguna. 

Faktanya, keduanya adalah salah satu makanan Kanton yang paling disukai yang harus dinikmati. Jika Anda ingin menikmati dumpling dan makanan China enak lainnya, maka Anda harus pergi ke restoran China, karena beberapa hidangan makanan Cina asli tidak mudah dibuat di rumah.

4. Chop suey

Jika Anda ingin menikmati makanan China asli, cobalah chop suey sekali. Ini adalah makanan tradisional China yang ditemukan selama periode demam emas oleh para imigran China di San Francisco.

Chop suey adalah rebusan yang diisi dengan tauge, bawang bombay, rebung, daging, water chestnut, dan seledri yang disajikan dengan nasi atau mie.

Ini adalah makanan tradisional China yang dapat memberi makan seluruh keluarga. Salah satu tips untuk membuat hidangan ini, yang terbaik adalah menggunakan bahan-bahan segar dan bukan sisa. Ini adalah makanan enak dari China yang harus Anda coba setidaknya sekali.

5. Congee

Juga dikenal sebagai báizhōu, ini adalah makanan tradisional Tiongkok yang mengenyangkan dan mudah dicerna. Sebagian besar nama makanan China ini berasal dari tahun lalu, demikian pula, Congee dapat ditelusuri kembali ke dinasti Zhou China. Chongee, atau bubur nasi adalah salah satu hidangan Asia paling populer yang dimakan terutama untuk sarapan.

Bubur nasi berbeda dari satu daerah ke daerah lain: di beberapa tempat, buburnya kental, di beberapa tempat dibuat agak encer, dan di beberapa daerah, congee dibuat dengan biji-bijian selain nasi.

Congee bisa manis atau gurih dan atasnya dengan tahu, telur rebus, sayuran, daging, jahe, kacang hijau, dan gula. Ini adalah salah satu makanan China paling terkenal yang boleh dimakan sebagai makanan yang menenangkan ketika Anda sakit.

Untuk membuat makanan tradisional China 'Congee' ini Anda membutuhkan panci besar, nasi, kaldu, jahe dan garam, dan air. Satu hanya perlu memasak bahan-bahan ini sampai mendidih, dan kemudian kecilkan api sampai mendidih kecil. Aduk terus sesekali agar tidak menggumpal. Tetap di atas kompor sampai bubur nasi mengental dan lembut. Tambahkan garam secukupnya, dan sajikan ketika panas.

Saat bubur nasi mendingin, bubur mulai menjadi lebih kental, jadi Anda bisa menambahkan kaldu atau air lagi untuk menyesuaikan kekentalannya. Anda bisa menghiasnya dengan irisan daun bawang dan kemudian disajikan.

Secara keseluruhan, ini adalah salah satu resep China otentik terbaik yang dapat Anda nikmati sesekali untuk menenangkan perut Anda. Selain itu, rasanya juga enak!

6. Scallion Pancakes

Secara tradisional dikenal sebagai Cong you bing, ini adalah makanan tradisional China yang lezat dan disukai oleh semua orang. 

Makanan otentik ini juga disebut "pancake daun bawang" dan merupakan masakan China yang terkenal gurih.

Mereka tidak semanis pancake buttermilk tetapi sama lezatnya. Cong you bing adalah makanan jalanan yang populer - roti tidak beragi ini dilipat dengan irisan daun bawang cincang dan minyak.

Sebagian besar, panekuk daun bawang diisi dengan daun bawang, tetapi mereka juga dapat menambahkan biji wijen dan adas atau fennel di dalamnya. Dalam daftar 'makanan China terbaik' Cong you bing selalu ada karena rasanya yang enak.

 

7. Peking Duck

Asal usul Peking Duck dapat ditelusuri kembali ke abad ke-13 ketika disajikan selama Dinasti Yuan kepada Kaisar China.

Ini adalah makanan tradisional di China yang dapat Anda temukan di hampir semua restoran China asli, bukan hanya karena lezat, tetapi juga karena ini adalah hidangan nasional China.

Ini adalah bebek panggang yang diiris tipis dan renyah yang disajikan dengan saus kacang, mentimun, bawang, dan pancakes. Ini dipanggang sedemikian rupa sehingga memiliki bagian luar yang renyah, renyah, dan dianggap sebagai makanan China yang sempurna.

Masakan klasik di China ini membutuhkan banyak usaha untuk memasaknya – Peking Duck dibumbui, kemudian dijemur sepanjang hari, dan akhirnya dimasak dalam oven gantung (open-air oven), jadi bisa dibilang ini bukan masakan China yang mudah. Anda tidak dapat sepenuhnya meniru resepnya di rumah.

Jadi untuk menikmati makanan China yang populer ini, Anda dapat pergi ke restoran China yang populer (Anda pasti akan menemukan hidangan ini di menu makanan China) atau jika Anda seorang juru masak yang hebat dan ingin mencoba resep makanan China yang berbeda, Anda dapat mencoba Peking Duck di rumah juga dengan bantuan buku masak atau video Internet. Jika Anda suka makan makanan gourmet China, maka Anda harus mencoba Bebek Peking atau Peking Duck sekali.

8. Stinky Tofu

Jangan lihat namanya, Stinky Tofu sebenarnya sangat enak. Tapi kenapa namanya Stinky tofu?

Ya, itu karena tahu fermentasi khas China yang memiliki bau yang kuat. Dikatakan di China bahwa semakin kuat bau tahu, semakin enak rasanya. 

Makanan khas Tionghoa ini biasanya dijual di warung pinggir jalan atau di pasar malam kepada orang-orang. Itu juga disajikan di bar makan siang sebagai lauk. Ini pada dasarnya adalah camilan China yang terkenal yang dapat disajikan dingin, direbus, dikukus, atau digoreng dengan kecap dan cabai di sampingnya. Makanan khas China biasanya terdiri dari nasi, sayuran, dan daging, sehingga hidangan ini juga disiapkan dengan bahan yang sama.

Tahu difermentasi dalam air garam dengan daging, sayuran, dan aromatik selama berbulan-bulan untuk mendapatkan bau dan tekstur itu.

9. Kung Pao Chicken

Juga dikenal sebagai Gong Bao Ji Ding, ini adalah makanan China yang terkenal di luar China.

Ini juga merupakan salah satu masakan tradisional Tiongkok yang dapat Anda temukan di sebagian besar restoran di Tiongkok. Ini adalah makanan China pedas yang merupakan hidangan ayam tumis, yang berasal dari provinsi Sichuan di China Barat Daya. Dalam metode 'masakan China', mereka membuat Ayam Kung Pao atau Kung Pao Chicken dengan cara yang sedikit berbeda dari cara memasak di negara-negara Barat.

Secara tradisional, makanan China yang lezat ini merupakan makanan yang pedas, memiliki aroma yang harum, dan mengandung merica Sichuan yang membuat mulut Anda sedikit mati rasa.

Bahan utama dalam kelezatan China yang populer ini adalah ayam potong dadu, mentimun, cabai kering, kacang goreng, dan kacang mete goreng.

Namun, versi makanan China Amerikanisasi dari Ayam Kung Pao atau Kung Pao Chicken termasuk sayuran, tepung jagung, saus manis, saus asam, dan bawang putih. Ini adalah makanan China populer yang harus dicoba. Anda bahkan dapat membuat ulang makanan tradisional China ini di rumah Anda dengan mudah dengan bantuan buku masak. Jadi, lain kali Anda bertanya-tanya 'daging apa yang dimakan orang China' ketahuilah bahwa Ayam Kung Pao adalah jenis daging yang sangat mereka sukai. 

10. Nian Gao

Ketika kita membahas semua jenis makanan China, bagaimana kita bisa melupakan sesuatu yang manis kan?

Nian Gao juga dikenal sebagai "nasi manis" atau "kue tahun baru" dan merupakan masakan China klasik yang dimakan pada Tahun Baru China.

Nian Gao biasanya manis dan merupakan salah satu makanan penutup terbaik tetapi dapat dibuat dengan cara yang berbeda juga untuk membuatnya sedikit asin.

Nasi manis adalah makanan Asia yang terkenal yang dibuat dengan cara yang berbeda di berbagai negara Asia. Dalam budaya Tionghoa, makan Nian Gao pada Tahun Baru dianggap sebagai keberuntungan, karena melambangkan kemajuan, pertumbuhan, dan kemajuan.

Meskipun dimakan sepanjang tahun, penting bagi orang Tionghoa untuk memakannya pada Malam Tahun Baru.

Salah satu hal terbaik tentang hidangan makanan tradisional China adalah sebagian besar dari mereka dapat disiapkan dan dinikmati di rumah. Tradisi makanan China sangat berbeda, dan mereka membuat makanan mereka dengan banyak cinta dan usaha. Jadi, lain kali Anda mendambakan hidangan China, masakan Mandarin, atau makanan oriental, jangan terus melihat gambar makanan China, cukup pergi ke restoran China untuk menikmati makanan lezat atau menyiapkan hidangan sendiri. Tapi, Anda harus mencoba hidangan terbaik China setidaknya sekali untuk mendapatkan cita rasa masakan yang berbeda.

Editor : Hadits Abdillah