10 Jenis Burung Endemik di Indonesia, Terancam Punah

Icon CameraAmira Talida Ramadhina
Kamis 11 Agustus 2022 12:10 WIB
10 Jenis Burung Endemik di Indonesia, Terancam Punah
Salah satu jenis burung endemik di Indonesia. (Foto: celebrities.id/Instagram @yfc.01)

JAKARTA, celebrities.id - Indonesia terkenal dengan keanekaragaman flora dan fauna, salah satunya keunikan jenis burung endemik yang hanya tersebar di sejumlah pulau di Indonesia. 

Karena hanya tersebar di pulau tertentu saja, maka disebut sebagai hewan endemik. Burung endemik memiliki habitat di daerah tertentu saja. 

Di Indonesia sendiri, burung endemik tersebar di berbagai daerah di Indonesia seperti Kalimantan, Papua dan Sumatra.

Melansir dari berbagai sumber, Kamis (11/8/2022) berikut 10 jenis burung endemik di Indonesia.

Jenis Burung Endemik Di Indonesia 

1. Cendrawasih Raggiana

Burung yang berasal dari Papua ini menjadi salah satu burung yang hampir punah karena populasinya semakin menurun. Burung yang memiliki berbagai warna dalam tubuhnya ini memiliki ciri di atas kepalanya dengan bulu berwarna kuning.

2.  Merpati Mahkota Biru

Memiliki asal yang sama dengan burung cendrawasih, merpati mahkota biru juga menjadi burung yang terancam punah. Burung yang memikiki jambul biru dan keunikkan sayapnya yang terdapat corak merah keunguan.

3. Merak Hijau

Burung ini memiliki keunikan di ekornya karena dapat membuka dan menutup seperti kipas serta memiliki warna yang eksotis. Burung merak hijau terdapat diwilayah Pulau Jawa. Burung yang memakan biji-bijian ini terancam punah karena perburian liar karena kecantikkannya.

4. Jalak Bali

Burung endemik yang hidup di Papua dan memiliki ukuran lebih kecil dibanding burung endemik lain yang ada di Indonesia. Burung yang hidup berkelompok ini juga sebagai burung yang terancam punah karena perburuan liar.

5. Elang Flores

Burung karnivora yang hidup di Flores, NTT ini merupakan salah satu jenis  burung yang terancam punah. Burung Elang Flores memiliki ciri-ciri buru terluar yang berwarna coklat dan kuku berwarna hitam ini merupakan burung pemangsa.

 

1
/
2