10 Makanan Khas Arab saat Lebaran, dari Nasi Kebuli hingga Samosa

Sri Lestari Rahayuningtyas
Senin 02 Mei 2022 05:00 WIB
10 Makanan Khas Arab saat Lebaran, dari Nasi Kebuli hingga Samosa
Nasi kebuli makanan Khas Arab. (Foto: celebrities.id/YouTube)

JAKARTA, celebrities.id - Arab memiliki beragam makanan khas Lebaran. Banyak yang sudah diketahui, tapi ada juga yang masih belum terkenal, seperti Samosa yang kaya rempah.

Kendati demikian, banyak makanan khas Arab yang layak untuk bisa dinikmati saat Lebaran yang belum diketahui. Melansir dari berbagai sumber, Senin (25/4/2022), berikut 10 makanan khas Arab untuk di momen Idul Fitri.

1. Falafel

Makanan pertama khas dari Arab Saudi beranama Falafel. Makanan seperti roti lapis dengan campuran isian seperti sayuran seperti selada, falafel sendiri adalah daging giling dibentuk bola.

2. Nasi Kebuli Arab Saudi

Kali ini ada nasi berasal dari beras basmati bisa menjadi sangat gurih. Khas bumbu rempah dan juga diolah campuran daging atau kaldu kambing.

3. Hummus

Selanjutnya, Hummus dengan bahan dasar tepung dan kacang yang dihaluskan bersama. Bumbu pelengkap seperti minyak zaitun, perasan air lemon, garam dan bawang putih.

4. Malabari Paratha

Nah, makanan Malabari ini sangat mirip seperti roti Maryam dan canai. Biasanya, roti Malabari Paratha disajikan dengan kari kambing.

5. Samosa Arab

Siapapun pasti mengenal makanan satu ini dengan ciri khas camilan ringan. Samosa biasanya berisikan daging campur giling dengan bumbu rempah yang gurih dan nikmat.

 

6. Manakeshh

Pecinta kuliner juga tidak asing dengan Manakeshh yang kaya akan bumbu rempah. Penyajian makanan ini di oleh dengan bumbu lalu dipanggang sesuai selera.

7. Muttabaq

Muttabaq ini menjadi implementasi awal makanan Indonesia bernama martabak. Lapisan makanan digoreng kering dan variasi isian yang juga sangat nikmat.

8. Luqaimat

Makanan khas Arab kali ini bisa ditemui selama bulan Ramadhan. Bentuk nya mirip seperti donat, modifikasi dari Luqaimat itu bisa berupa krim, keju, saffron ataupun gula sirup.

9. Hallaoumi Grilled

Hallaoumi bisa berasal dari susu kambing, domba ataupun campuran. Akan tetapi, Hallaoumi ini melalui poses fermentasi, hampir mirip seperti yogurt.

10. Kushari

Terakhir dari makanan khas Arab adalah Kushari. Terbuat dari nasi, makaroni, dan miju-miju lalu dicampur dengan saus tomat.
 

Editor : Hadits Abdillah