10 Makanan Khas Sulawesi Selatan, dari Jalangkote hingga Buras

Icon CameraFarrel Pyasca
Rabu 23 November 2022 23:37 WIB
10 Makanan Khas Sulawesi Selatan, dari Jalangkote hingga Buras
Makanan khas Sulawesi Selatan salah satunya adalah Jangkote yang menggugah selera. (Foto: Cookpad/Ismi Sabrina)

JAKARTA, celebrities.id - Makanan khas Sulawesi Selatan banyak dicari para penikmat kuliner karena rasanya yang menggugah selera.

Sulawesi Selatan merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang terkenal memiliki banyak makanan khas, mulai dari cemilan, makanan berat, hingga menu penutup. 

Selain karena keindahan alam dan laut pulau Sulawesi yang menjadi daya tarik begitu kuat, khususnya Sulawesi Selatan juga terkenal dengan kuliner yang beragam dan khas seperti cucuru, mie titi, sop konro, dan masih banyak lagi.

Melansir dari berbagai sumber pada Rabu (23/11/2022), berikut celebrities.id rangkum 10 makanan khas Sulawesi Selatan.

Makanan Khas Sulawesi Selatan

1. Jalangkote

Jalangkote adalah cemilan khas Makassar yang bentuknya sekilas mirip kue pastel, tapi jalangkote memiliki kulit yang lebih tipis dibandingkan dengan kue pastel dan jalangkote biasa dimakan bersama sambal cair bukan cabe rawit.

2. Coto Makassar

Coto makassar atau coto mangkasara merupakan makanan tradisional suku Makassar, terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu racikan khusus.

3. Doko-Doko Cangkuling

Doko - doko cangkuling adalah kue tradisional khas Sulawesi Selatan yang berbahan dasar pisang, kue ini sangat mudah ditemui jika kamu sedang di wilayah Sulawesi Selatan terutama Kabupaten Bulukumba, biasanya kue ini pendamping teh atau kopi untuk tamu.

4. Cucuru

Cucuru merupakan kue tradisional khas Sulawesi Selatan, biasanya kamu akan menemukan kue ini dalam acara adat atau pesta perkawinan karena keberadaan kue manis ini sudah mulai langka.

5. Sop Konro

Sop konro adalah masakan khas Bugis dan Makassar berbahan dasar iga sapi atau daging sapi, sop konro biasanya dimakan bersamaan dengan burasa dan ketupat yang dipotong-potong.

6. Gogoso

Gogoso merupakan makanan khas masyarakat Bugis dengan bahan dasar beras ketan, santapan ini biasa tersaji saat sarapan atau sekedar makanan ringan. Makanan ini juga biasanya muncul saat hidangan di hari besar keagamaan atau pernikahan. 

 

1
/
2