10 Makanan Lebaran Khas Timur Tengah, Nasi Kabsah Cocok untuk Disajikan saat Kumpul Keluarga

Sri Lestari Rahayuningtyas
Senin 02 Mei 2022 08:30 WIB
10 Makanan Lebaran Khas Timur Tengah, Nasi Kabsah Cocok untuk Disajikan saat Kumpul Keluarga
Nasi Kabsah salah sau makanan Khan Timur Tengah. (Foto; celebrities.id/YouTube)

JAKARTA, celebrities.id - Beragam makanan khas Timur Tengah untuk Lebaran ternyata belum banyak diketahui orang. Hal itu karena, perayaan Hari Raya Idul Fitri terbiasa makan bersama.

Kendati demikian, masih banyak makanan khas Timur Tengah yang orang belum ketahui. Seperti contoh ada Kebab dan wangi rempah.

Ternyata memang banyak makanan khas Timur Tengah yang layak untuk bisa dinikmati saat Lebaran. Melansir dari berbagai sumber, Senin (25/4/2022), berikut ada 10 makanan khas Timur Tengah untuk Lebaran.

1. Yughmish

Lapisan tepung dan diisi daging giling lembut. Yughmish ternyata mirip seperti kebab, bedanya hanya tidak ada campuran sayuran dan sausnya.

2. Katayef

Selanjutnya adalah katayef yang seperti kue manis panekuk mungil. Aroma manis dan kayu manis yang kuat, bisa menjadikan makanan ini  hidangan penutup.

3. Nasi Kabsah

Makanan ini mirip seperti nasi goreng. Hanya bedanya dengan tambahan sayuran, daging dan bumbu yang cukup pedas.

4. Salleg

Kali ini adalah Salleg seperti bubur. Lebih mirip seperti risotto, khas Timur Tengah di kota Thaif dengan tambahan ayam diatasnya.

 

5. Kebab

Siapa yang belum mengenal makanan khas Timur Tengah ini? Di Indonesia jelas sudah banyak pedagangnya di pinggiran jalan.

6. Kurma dan Kismis

Makanan yang banyak dan ramai dicari selama ramadan dan perayaan hari raya Idul Fitri. Bisa jadi campuran makanan, ataupun makanan camilan ringan.

7. Haleem

Haleem menjadi satu makanan yang mirip juga seperti bubur. Bedanya hanya menggunakan bahan daging kambing dan dimasak memakan waktu selama berjam-jam.

8. Musakhan

Seperti ayam panggang diberi roti, bawang, rempah dan kacang pinus goreng. Penyajiannya dengan tambahan sup, bisa disajikan saat sedang kondisi flu.

9. Aseeda

Puding dengan adonan pinggiran dari gandum. Aseeda juga biasanya jadi kudapan penutup dengan masakan campur manis madu.

10. Kahk

Terakhir ada kue kering mirip seperti putri salju. Bedanya, Kahk ini isian nya kacang almond.

Editor : Hadits Abdillah