10 Negara Teraman untuk Digital Nomad, Islandia Pertama

Shelma Rachmahyanti
Minggu 18 September 2022 12:34 WIB
10 Negara Teraman untuk Digital Nomad, Islandia Pertama
Daftar negara terbaik bagi para digital nomad. (Foto: celebrities.id/Instagram @iceland)

JAKARTA, celebrities.id – Gerakan pengembara digital alias digital nomad rupanya masih cukup populer. Ya, para pekerja yang bekerja secara digital selagi bepergian terus menjadi tren terutama di era serba internet. Tak ayal, para pekerja jarak jauh di seluruh dunia terus mencari tempat baru yang ramah.

Analisis pasar pengembang perangkat lunak, Lemon.io, Minggu (18/9/2022), menyebut data dari 2022 Global Peace Index oleh Economist Intelligence Unit untuk menentukan negara teraman yang menawarkan visa pengembara digital.

Studi ini memberi peringkat 163 negara menurut kategori seperti tingkat keselamatan dan keamanan masyarakat, tingkat konflik domestik dan internasional yang sedang berlangsung, dan tingkat militerisasi.

Islandia rupanya menduduki posisi teratas dalam daftar negara teraman digital nomad atau pelancong digital. Rupanya, posisi ini sudah dipegang Islandia sejak 2008.

Menurut Direktorat Imigrasi Islandia, visa pengembara digital negara itu disebut sebagai visa kerja jarak jauh jangka panjang. Hal ini memungkinkan pemegang untuk tinggal di sana selama sekitar enam bulan.

Lantas, 10 negara teraman mana saja untuk digital nomad? Berikut daftarnya:

  1. Islandia
  2. Selandia Baru
  3. Portugal
  4. Republik Ceko
  5. Hungaria
  6. Kroasia
  7. Jerman
  8. Norway
  9. Australia
  10. Mauritius

Selandia Baru menduduki peringkat kedua tetapi tetap menjadi negara paling damai di kawasan Asia-Pasifik. Menurut Indeks Perdamaian Global, Islandia mendapat peringkat itu karena memenuhi kategori negara aman yakni penurunan tingkat penahanan, pengeluaran militer, dan dampak terorisme. 

Negara ini tidak menawarkan visa pengembara digital jangka panjang, tetapi pekerja jarak jauh tertentu dapat mengajukan "visa liburan kerja" untuk tinggal selama satu hingga dua tahun. Jika Anda bekerja lebih dari 183 hari, maka Celeb Hitz akan dianggap sebagai wajib pajak Selandia Baru, menurut agen pariwisata negara tersebut.

Portugal mendarat di tempat ketiga dalam daftar negara teraman untuk digital nomad. Keadaan damai negara itu berada di peringkat "sangat tinggi" dalam studi 2022.

Visa D7 Portugal adalah salah satu opsi paling terjangkau untuk pengembara digital, menurut Business Insider. Pelamar hanya perlu menghasilkan 7,200 Euro per tahun atau sekira Rp40.5 juta dan memiliki asuransi kesehatan untuk memenuhi syarat.

Editor : Lisvi Padlilah