100 Remaja Putri dan Guru di Cilincing Diberi Pemahaman tentang Anemia, Upaya Entaskan Kasus Stunting di Indonesia

Icon CameraYohannes Tobing
Rabu 25 Januari 2023 18:14 WIB
100 Remaja Putri dan Guru di Cilincing Diberi Pemahaman tentang Anemia, Upaya Entaskan Kasus Stunting di Indonesia
100 Remaja Putri dan Guru di Cilincing Diberi Pemahaman tentang Anemia, Upaya Entaskan Kasus Stunting di Indonesia. (Foto:celebrities.id/ MPI Yohanes Tobing)

JAKARTA, celebrities.id - Stunting masih menjadi salah satu tantangan kesehatan yang dimiliki Indonesia. Untuk mencegah semakin merebaknya kasus stunting, sebanyak 100 remaja putri dan para guru dari berbagai sekolah di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, diberi pemahaman mengenai anemia dan cara mencegah stunting.

Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing, dr. Raden Achmad Sigit mengatakan bahwa pihaknya memberikan Seminar Aksi Bergizi Cilincing soal anemia dan cegah stunting di Islamic Center Jakarta Utara.

"Sasaran kita adalah remaja putri di tingkat SMP dan SMA yang menjadi tolok ukur untuk diintervensi terkait anemia dan pencegahan stunting," kata Raden saat dikonfirmasi pada Rabu (25/1/2022).

Menurut Raden, untuk mencegah terjadinya stunting pada anak balita maka segala sesuatunya harus dipersiapkan sejak dini dan diawali dari fase remaja.

"Awal persiapannya dari remaja putri karena saat dewasa nanti mereka akan menjadi ibu yang akan menjalani masa kehamilan, melahirkan sampai gizi untuk anaknya yang dilahirkan harus dipenuhi," tuturnya.

Dengan mengangkat tema Remaja Cantik Bebas Anemia Untuk Cegah Stunting, Raden berharap seluruh remaja putri di wilayah  Cilincing dapat rutin mengkonsumsi makanan bergizi dan terpenuhinya zat besi untuk pencegahan anemia.

"Tadi juga dilakukan secara bersama-sama kampanye minum tablet tambah darah bagi remaja putri. Diharapkan, mereka bisa mengkonsumsi tablet tambah darah secara rutin setiap seminggu sekali," katanya.

Sementara itu, Plt. Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Sudin Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Utara, dr. Wahyu Laksono menilai pembekalan ini sangat penting.

"Nantinya, mereka adalah calon ibu sehingga harus dibekali sejak dini salah satunya agar mereka bisa terbebas dari anemia dan kasus stunting jangan sampai muncul di kemudian hari," tuturnya.

Salah satu peserta seminar yaitu siswi SMK Sahid I Cilincing, Feliza mengatakan berbagai ilmu dan wawasan tentang asupan makanan bergizi, pemenuhan zat besi, dan hal lainnya yang didapatkan dari kegiatan seminar tersebut.

"Kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat sekali untuk perempuan sehingga membuat kita semakin percaya bahwa gizi itu penting untuk diri kita. Setelah mengetahui banyak hal tentang asupan gizi nanti akan saya coba terapkan dan seimbangkan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman di setiap harinya," ucapnya.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra

Follow Berita Celebrities di Google News