15 Kandungan Ayurveda yang Efektif untuk Wajah, Kulit Dijamin Bercahaya

Laras Dwi Sasmita
Senin 06 Desember 2021 15:02 WIB
15 Kandungan Ayurveda yang Efektif untuk Wajah, Kulit Dijamin Bercahaya
Kandungan Ayurveda yang Efektif untuk Wajah. (Foto: celebrities.id/Stylecraze)

JAKARTA, celebrities.id - Perawatan kulit yang terbaik adalah kembali ke alam. Pasalnya, sebagian orang ingin menjaga kesehatan kulit tidak dengan menggunakan produk yang mengandung bahan kimia melainkan cara alami. 

Berbagai produk kecantikan alami pun banyak dijumpai, salah satunya ayudrveda. Metode Ayurveda memiliki beberapa resep yang bisa mebantu merawat kulit wajah
Akan tetapi walaupun melibatkan bahan-bahan alami, untuk yang memiliki kulit alergi sebaiknya melakukan uji coba pada resep ini. 
Ingin tahu lebih banyak maka simak 15 kandungan Ayurveda yang dilandir dari Stylecraze, Senin (6/12/2021).

1. Kunyit dan Besan
 
Kunyit merupakan antiseptik alami dan memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Bahan juga dikenal karena efek mencerahkan kulit. Lalu besan adalah exfoliant yang baik dan membantu menjaga keseimbangan pH kulit. 

Bahan yang diperlukan, satu sendok makan besan (tepung gram), satu setengah sendok makan kunyit dan satu sendok makan air mawar Kemudian langkah pembuatannya campur semua bahan dan buat pasta kental, oleskan ke wajah dan leher biarkan selama 15 menit lalu bilas. Agar hasilnya lebih terada pada kulit, resep ini perlu dilakukan secara berulang sebanyak dua kali dalam seminggu 

2. Bunga Marigold

Marigold banyak digunakan dalam metode Ayurveda karena efek penyembuhannya. Sebuah penelitian yang dilakukan pada sel fibroblas manusia (sel yang memproduksi kolagen) menemukan bahwa karena tingginya tingkat polifenol, ekstrak marigold dapat mencegah fotoaging dan degradasi sel fibroblas, sehingga menjaga kesehatan kulit. 

Bahan yang diperlukan berupa dua bunga marigold dan satu setengah sendok makan yogurt. Langkah berikutnya hancurkan kelopak marigold dan tambahkan dadih untuk membuat pasta, oleskan pasta ke wajah dan leher biarkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air. Masker wajah ini dapat dilakukan sebanyak tiga kali dalam seminggu akan memberikan hasil yang sempurna pada kulit 

3. Cendana

Minyak cendana memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang berpotensi membantu menghambat pigmentasi. Hal ini tentu saja cocok untuk digunakan pada wanita yang rentan usia 30 tahunan karena dapat menyamarkan kulit akibat penuaan, paparan UV dan pertumbuhan S.aureus (bakteri yang menyebabkan jerawat dan jerawat).

Bahan yang diperlukan dua sampau tiga tetes minyak cendana, sayi sendok teh minyak pembawa (jojoba atau minyak almond manis dan satu sendok teh madu. Cara pembuatannya campurkan dua hingga tiga tetes minyak cendana dengan satu sendok teh minyak pembawa. Lalu bisa menambahkan satu sendok teh madu ke dalam campuran ini, kemudian blender hingga halud dan oleskan merata pada wajh biarkan selama 15-20 menit dan kemudian bilas. Metode ini dapat dilakukan sebanyak dua sampai tiga kali seminggu.

4. Madu dan Lemon

Madu mengandung vitamin, mineral, asam amino, antioksidan (flavonoid), dan enzim tertentu yang membuatnya menjadi agen anti-inflamasi, antimikroba, penyembuhan, dan pembersihan yang baik. Sifat-sifat madu ini membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah penumbuhan jerawat. Lemon mengandung vitamin C dan asam sitrat. 

Untuk membuatnya perlu kumpulkan bahan-bahan berupa satu sendok teh madu organik dan beberapa tetes jus lemon. Kemudian campurkan tiga sampai empat tetes jus lemon dalam satu sendok teh madu, lalu oleskan ke seluruh wajah. Hindari area di sekitar mata kemudian cuci bersih setelah 20 menit. Lakukan langkah ini sebanyak dua sampai tiga kali seminggu dengan jangan lupa mengoleskan tabir surya sebelum keluar rumah. 

 

1
/
3