2 Doa Rasulullah SAW saat Hujan dan Angin, Minta Perlindungan dari Keburukan

Novie Fauziah
Kamis 13 Januari 2022 05:05 WIB
2 Doa Rasulullah SAW saat Hujan dan Angin, Minta Perlindungan dari Keburukan
Apabila hujan yang datang diiringi dengan angin yang sangat kencang, maka disunahkan untuk membaca doa. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Hujan merupakan salah satu nikmat karunia yang diberikan oleh Allah SWT. Pada saat itulah manusia diberikan kesempatan untuk berdoa sebanyak-banyaknya karena hujan adalah waktu diijabahnya permohonan hambaNya.

Namun, terkadang hujan disertai angin kencang dan petir membuat banjir hingga kerusakan-kerusakan lainnya, meluluh-lantakan di sekitar. Misalnya, belakangan ini, tepatnya di 2022, hujan disertai angin kencang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia.

Sebagai Muslim apa yang harus dilakukan, ketika hujan badai menerjang. Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin, mengatakan, jika hal itu terjadi maka disunahkan membaca doa-doa.

"Apabila hujan yang datang diiringi dengan angin yang sangat kencang, maka disunahkan untuk membaca doa," ujarnya saat dihubungi belum lama ini.

Sebagaimana yang diriwayatkan dari Aisyah Radhiallahu ‘anha berkata: adalah Nabi ketika datang angin meniup, maka Rasul membaca:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَاأُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

Artinya: "Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada Engkau akan kebaikannya (angin) dan kebaikan sesuatu yang ada di dalamnya dan kebaikan sesuatu yang diutus dengannya dan aku mohon perlindungan kepada Engkau dari kejahatannya dan dari kejahatan sesuatu di dalamnya dan kejahatan sesuatu yang diutus dengannya" (HR. Bukhari dan Muslim)

 

1
/
2