21 Juta Serangan DDoS Sasar Perusahaan Rusia, Terbesar ke Sektor Publik

Icon CameraTangguh Yudha Ramadhan
Rabu 25 Januari 2023 18:06 WIB
21 Juta Serangan DDoS Sasar Perusahaan Rusia, Terbesar ke Sektor Publik
21 Juta serangan DDoS sasar perusahaan Rusia, buntut perang Ukraina. (Foto: celebrities.id/unsplash)

JAKARTA, celebrities.id - ย Rusia dilaporkan terima puluhan juta serangan Distributed Denial of Service (DDoS), saat negara yang dipimpin Vladimir Putin menyerang Ukraina.

Berdasarkan catatan Rostelecom, ada 21,5 juta serangan DDoS yang menyasar tak kurang dari 600 organisasi dan perusahaan Rusia di sepanjang 2022.

Dikutip dari Techradar, Rabu (25/1/2023), tak satu pun dari sektor industri berskala besar yang terhindar dari serangan DSOS ini.ย 

Adapun korbannya mencakup perusahaan telekomunikasi, ritel, keuangan, hingga sektor publik, semuanya mengalami mengalami pukulan telak.

Sektor publik adalah yang paling banyak menerima serangan, hampir sepertiga (30 persen) dari semua insiden (naik 12 kali dari tahun ke tahun). Lembaga keuangan mengambil seperempat dari semua serangan (25 persen), diikuti oleh sektor pendidikan sebanyak (16 persen).

Serangan terbesar adalah 760 GB/detik, kata Rostelecom lebih lanjut, mengklaim kekuatan penghancurnya hampir dua kali lipat, dibandingkan dengan serangan terbesar tahun lalu. Dan memiliki durasi panjang hingga tiga bulan lamanya.

Sebagian besar serangan dimulai pada Maret, yang bertepatan dengan invasi Ukraina, yang dimulai pada 24 Februari dan meningkat pada Mei.

Dan yang menjadi laporan menariknya, berdasarkan laporan Rostelecom melalui data alamat IP yang digunakan, mayoritas serangan berasal dari Amerika Serikat.

Editor : Imantoko Kurniadi

Follow Berita Celebrities di Google News