215 Desa Wisata Unik di Jawa Barat Hadir untuk Pulihkan Sektor Pariwisata 

Agung Sari
Senin 31 Mei 2021 13:32 WIB
Desa Wisata unik di Jawa Barat. (Foto: celebrities.id/MNC Media)

BANDUNG, celebrities.id - Jawa Barat menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi para wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara. Di sana, wisatawan dapat dimanjakan dengan keindahan dari desa-desa wisata. Ada 215 desa dari total 5.312 desa di Jawa Barat.
Ratusan desa wisata tersebut memiliki beragam keunikan, mulai seni budaya hingga alamnya. 

Dengan potensi tersebut, Pemerintah Provinsi Jabar melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar berupaya mengembangkan desa-desa wisata untuk mendongkrak sektor pariwisata di tengah upaya pemulihan ekonomi yang terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Kepala Disparbud Jabar, Dedi Taufik mengatakan, dalam mendukung upaya pemulihan ekonomi Jabar, pihaknya telah mengantongi sejumlah strategi untuk mengakselerasi sektor pariwisata dan kebudayaan. 

Pertama, menguatkan kekuatan budaya dimana Jabar memiliki zona budaya Sunda Betawi dan Sunda Priangan di wilayah Metropolitan Bandung dan sekitarnya serta budaya Cirebonan di kawasan Metropolitan Cirebon Rata. Kekuatan itu, kata Dedi, akan diangkat melalui sebuah ekspansi budaya di masing-masing kabupaten/kota di masa pemulihan ekonomi saat ini. 

"Strategi kedua, yakni menguatkan sumber daya manusia (SDM). Menurutnya, di era adaptasi kebiasaan baru (AKB) saat ini, diperlukan adaptasi baik di internal maupun eksternal sektor pariwisata dalam menyikapi kondisi pandemi," ungkap Dedi di Bandung, Minggu (30/5/2021).

 

1
/
3