3,4 Juta Orang Meninggal akibat Covid-19, WHO: Pandemi Belum Berakhir 

Leonardus Selwyn Kangsaputra
Kamis 27 Mei 2021 08:36 WIB
WHO mengatakan hingga kini pandemi belum berakhir. (Foto: celebrities.id/Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id – Direktur Jenderal World Health Organization (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus menjelaskan bahwa 115.000 tenaga kesehatan diperkirakan telah kehilangan nyawanya akibat Covid-19

Menurutnya, setelah 18 bulan setelah pandemi Covid-19, situasinya masih tetap genting dengan tren jumlah kematian dalam tiga minggu ke depan akan melampaui total jumlah kematian tahun lalu.

Merangkum Euronews, Kamis (27/5/2021), dengan situasi global yang semakin genting ini, dia mengatakan bahwa tidak ada satu pun negara yang boleh menganggap remeh Covid-19 dengan alasan apapun. Sebab tidak ada jaminan yang bisa membuat suatu negara terbebas dari Covid-19. 

“Tidak ada negara yang boleh berasumsi bahwa telah terbebas dari Covid-19, tidak peduli tingkat vaksinasi. Sejauh ini, tidak ada varian yang muncul secara signifikan efektivitas vaksin, diagnostic, atau terapeutik. Tetapi tidak ada jaminan bahwa hal itu akan tetap terjadi. Kita harus sangat jelas pandemi belum berakhir, dan itu tidak akan berakhir sampai dan kecuali penularan dikendalikan di setiap negara terakhir,” ujar Tedros.

Lebih dari 3,4 juta orang telah meninggal dunia sejauh ini akibat Covid-19, menurut perhitungan oleh Universitas Johns Hopkins. Sementara 167 juta lainnya diketahui telah tertular oleh penyakit tersebut. 

 

1
/
2