3 Alasan Tak Boleh Menggunakan Lampu Strobo di Jalan Umum, Ini Sanksinya

Fikri Kurniawan
Minggu 08 Agustus 2021 21:38 WIB
3 Alasan Tak Boleh Menggunakan Lampu Strobo di Jalan Umum, Ini Sanksinya
Alasan mengapa penggunaan lampu strobo tidak boleh sembarangan pada kendaraan pribadi. (Foto: celebrities.id/Fikri)

JAKARTA, celebrities.id - Lampu strobo atau biasa disebut dengan lampu rotator adalah salah satu jenis lampu yang tergolong sebagai aksesoris pada mobil. Ciri khas lampu ini adalah mengeluarkan warna dan bergerak memutar (rotate). 

Sifatnya tidak wajib atau sekadar hiasan (aksesori). Ada kalanya, pemilik kendaraan memodifikasi lampu strobo agar terhindar dari kemacetan atau sekadar gaya-gayaan.

Lampu strobo sendiri hanya dipakai untuk mobil atau kendaraan yang bersifat darurat seperti pemadam kebakaran, ambulans, Palang Merah Indonesia (PMI), mobil petugas kepolisian, mobil patroli jalan tol, dan lain-lain.

Tetapi yang harus digarisbawahi, penggunaan lampu strobo tidak boleh sembarangan pada mobil pribadi. Berikut alasannya, dilansir dari blog Auto2000, Minggu (8/8/2021).

1. Menyalahi aturan negara

Alasan pertama jelas tidak bisa dibantah. Penggunaan lampu strobo ternyata sudah diatur oleh negara melalui Undang-Undang. Aturan ini tercantum lengkap pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

 

1
/
3