3 Cara Meminimalisir Risiko Tertular Covid-19 saat Makan Bersama, Jangan Abai!

Leonardus Selwyn Kangsaputra
Senin 31 Januari 2022 12:02 WIB
3 Cara Meminimalisir Risiko Tertular Covid-19 saat Makan Bersama, Jangan Abai!
Jaga jarak aman saat makan bersama. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan. Namun, saat ini, masyarakat tampaknya sudah mulai abai dan masih sering melakukan kegiatan berkumpul untuk makan dan ngobrol bersama di masa pandemi Covid-19. 

Tentunya kondisi ini sangat berbahaya di masa pandemi Covid-19. Terlebih dengan karakter varian Omicron yang membutuhkan waktu lebih singkat untuk menginfeksi manusia. Pasalnya seseorang seringkali melepas masker dan tidak memperhatikan jaga jarak dan makannya sambil mengobrol. 

Merangkum dari laman Instagram Dinas Kesehatan DKI Jakarta, @dinkesdki, Senin (31/01/2022), selain risiko penularan Covid-19 yang tinggi saat makan bersama, Anda juga pasti tidak mengetahui secara pasti kondisi kesehatan teman makan kita saat itu. 

Seperti diketahui saat ini pasien Omicron cenderung tidak bergejala atau hanya memiliki gejala ringan. Kondisi inilah yang membuat penyebaran Omicron menjadi sulit untuk dideteksi. Lantas bagaimana cara meminimalisir risiko terkena Covid-19 pada saat makan bersama? 

1.Tetap menjaga jarak dengan orang lain saat makan bersama. 

2.Tidak sambil mengobrol saat makan bersama. 

3.Jika ada makanan yang dikonsumsi bersama, gunakan alat makan terpisah khusus.

Editor : Endang Oktaviyanti