3 Cara Mudah Atasi Kulit Wajah Iritasi, Dijamin Tidak Perih!

Laras Dwi Sasmita
Sabtu 05 Maret 2022 15:12 WIB
3 Cara Mudah Atasi Kulit Wajah Iritasi,  Dijamin Tidak Perih!
Cerahkan kulit wajah berminyak dengan bahan alami. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Kulit juga perlu mendapatkan perhatian khusus. Perawatannya pun tak bisa sembarangan karena bisa membuat kulit jadi iritasi.

Bukan menjadi cantik, wajah justru menjadi kemerahan bak udang. Untuk itu, lakukanlah perawatan wajah yang sesuai.

Melansir dari berbagai sumber, Sabtu (5/3/2022), berikut cara atasi kulit wajah yang iritasi.

1. Pilih produk yang sesuai

Produk kecantikan di pasaran memang banyak sekali. Hampir semua menawarkan yang terbaik untuk wajah.

Namun, sebagai konsumen pun harus cermat dalam memilih produk. Pilih sabun pembersih wajah yang kandungannya ringan dan tidak mengandung zat pewangi.

Menurut American Academy of Dermatology Association, sebaiknya menghindari penggunaan sabun muka antibakteri atau yang mengandung parfum. Sebab, dapat membuat kulit semakin kering. Selain itu, hindari pula produk perawatan wajah yang mengandung alkohol, asam alfa hidroksi (AHA), dan benzoil peroksida.

2. Gunakan pembersih yang lembut

Setelah seharian beraktivitas, tentu wajah harus dibersihkan. Nah, di sinilah peran pentingnya.

Gunakan pembersih yang lembut. Cara mengatasi kulit kering dan mengelupas yang pertama, yaitu menggunakan pembersih yang lembut. Pilihlah pembersih wajah yang bebas dari pewangi dan detergen, serta mampu menghidrasi kulit.

Gunakan pembersih yang mengandung bahan-bahan seperti gliserin, asam hialuronat dan seramida. Bahan-bahan tersebut dapat memberikan hidrasi yang lebih untuk kulit yang kering dan mengelupas.
Nutrisi kulit wajah dengan masker alami

3. Masker wajah

Setelah membersihkan wajah, jangan malas untuk menutrisi wajah kamu dengan menggunakan masker. Pemakaiannya cukup dua sampai kali dalam seminggu.

Pilihlah masker yang dapat melembabkan wajah. Biasanya terdapat label moisturizing pada kemasannya. Atau jika ingin benar-benar alami, kamu bisa memanfaatkan kebaikan dari lidah buaya dan madu untuk kamu jadikan masker.

Editor : Endang Oktaviyanti