3 Contoh Rantai Makanan di Sawah dan Gambarnya

Icon CameraIqbal Widiarko
Senin 21 November 2022 18:28 WIB
3 Contoh Rantai Makanan di Sawah dan Gambarnya
Contoh rantai makanan di sawah dapat menambah pengetahuan kamu terkait dengan pola alami makan dimakan yang terjadi dalam kehidupan makhluk hidup. (Foto: MPI/Istimewa)

JAKARTA, celebrities.id - Contoh rantai makanan di sawah dapat menambah pengetahuan kamu terkait dengan pola alami makan dimakan yang terjadi dalam kehidupan makhluk hidup. Urutan peristiwa memakan dan dimakan bisa berjalan seimbang dan lancar apabila seluruh komponen ada. Jika salah satu komponen tidak ada, akan terjadi ketimpangan dalam urutan tersebut.

Supaya rantai makanan dapat terus berjalan, jumlah produsen perlu lebih banyak dibanding jumlah konsumen kesatu, konsumen kesatu lebih banyak daripada konsumen kedua dan seterusnya. Komponen yang berperan besar dalam rantai makanan, yakni pengurai. Pengurai sendiri merupakan makhluk hidup yang menguraikan kembali zat-zat yang semula terdapat dalam tubuh hewan dan tumbuhan yang telah mati.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Kamis (10/11/2022) telah merangkum contoh rantai makanan di sawah, seperti berikut.

Apa Itu Rantai Makanan?

Merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas V tentang Ekosistem oleh Diana Puspa Karitas, rantai makanan diartikan sebuah peristiwa makan dan dimakan antara sesama makhluk hidup dengan urutan-urutan tertentu.

Dalam suatu rantai makanan terdapat makhluk hidup yang mempunyai peran sebagai produsen, konsumen dan sebagai dekomposer (pengurai). Setiap tingkat dari rantai makanan dalam sebuah ekosistem disebut juga dengan tingkat trofik (posisi makhluk hidup dalam rantai makanan).

Jenis-Jenis Rantai Makanan

a. Rantai Makanan Detritus

Rantai makanan ini dimulai dari detritivor. Detritivor merupakan suatu organisme heterotrof yang mendapatkan energi dengan cara memakan sisa-sisa dari makhluk hidup. Detritus adalah fragmen (hancuran) dari organisme (hewan dan tumbuhan) yang mati dan sisa organisme seperti kotoran hewan, daun, ranting yang gugur yang diuraikan oleh pengurai (dekomposer). Kemudian yang termasuk organisme pemakan detritus disebut detritivor, misalnya cacing, rayap, keluwing dan sebagainya.

b. Rantai Makanan Saprofit

Rantai saprofit diawali dari penguraian jasad mati makhluk hidup oleh organisme saprofit. Contoh organisme saprofit adalah bakteri, jamur, dan lumut kerak. Saprofit adalah istilah bagi organisme yang mampu mengurai sisa-sisa organisme yang telah mati. Organisme saprofit berbeda dengan detritivor. Saprofit mengurai bahan organik sisa jasad mati menjadi bahan anorganik (mineral) yang diserap lagi oleh tumbuhan.

c. Rantai Makanan Parasit

Parasit merupakan istilah bagi organisme yang hidup dengan cara merugikan organisme lain (inang). Ciri khas tipe rantai makanan ini adalah terdapat organisme kecil yang memangsa organisme besar.

d. Rantai Makanan Perumput

Rantai makanan ini dimulai dari tumbuh-tumbuhan sebagai produsen pada tingkat trofik pertamanya. Rumput yang bersifat autotrof berperan sebagai produsen, kemudian dimakan oleh belalang, selanjutnya belalang dimakan oleh katak, katak dimakan ular dan akhirnya ular dimakan oleh burung elang. Selanjutnya jika elang mati, maka bangkainya akan di makan oleh organisme lain dan diuraikan oleh bakteri pengurai.

 

1
/
2