3 Dampak Buruk Menyalakan Mesin saat Mengisi BBM, Waspadai Bahaya Listrik Statis

Bertold Ananda
Senin 04 Oktober 2021 19:46 WIB
3 Dampak Buruk Menyalakan Mesin saat Mengisi BBM, Waspadai Bahaya Listrik Statis
Salah satu alasan mengapa disarankan untuk tidak mengisi BBM saat mesin hidup adalah listrik statis. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id – Celeb Hitz tentu sering melihat banyak pengguna kendaraan yang membiarkan mesin tetap menyala saat mengisi BBM. Jadi, mulai sekarang, sebaiknya hindari kebiasaan buruk tersebut. Ini sangat berbahaya!

Hal itu juga didukung dari peraturan dan tanda yang dipasang di setiap nozzel pengisian BMM bahwa harap matikan kendaraan saat sedang mengisi bensin. Jangan abaikan peraturan tersebut dan patuhi dengan tertib.

Dilansir dari laman resmi Drive Spark, Senin (4/10/2021), ini dampak buruk bila mengisi bahan bakar dengan kondisi mesin yang masih menyala:
 
1. Menghasilkan listrik statis

Salah satu alasan mengapa disarankan untuk tidak mengisi bahan bakar saat mesin hidup adalah 'listrik statis'. Listrik statis bisa dihasilkan ketika terjadi muatan listrik yang tidak seimbang tetap berada di dalam atau di permukaan bahan konduktor. 

Hal ini tentunya dapat memicu timbulnya percikan api. Hal ini disebabkan  Karena uap bahan bakar berlimpah di pom bensin dan di dekat mobil (saat bahan bakar sedang diisi), kemungkinan pembakaran bisa terjadi.

 

1
/
2