3 Efek Samping Waxing, Ini Penjelasan Ahli

Sri Lestari Rahayuningtyas
Senin 12 September 2022 10:23 WIB
3 Efek Samping Waxing, Ini Penjelasan Ahli
Efek samping waxing. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Waxing merupakan metode untuk menghilangkan bulu. Terkadang, metode ini kerap meninggalkan bekas dan disertai bercak kemerahan hingga jerawat.

Dilansir dari Byrdie pada Senin (12/9/2022), berikut efek samping waxing yang dijelaskan oleh Marie Hayag, MD dari dermatologi Fifth Avenue Easthetics.

Efek samping waxing

1.Peradangan dan kemerahan

Waxing bisa membuat kulit meradang hingga memicu kemerahan. Kondisi ini terjadi jika seseorang menghilangkan rambut tebal atau memiliki kulit sensitive.

Meski demikian, ahli waxing dan estetika wakes mengatakan bahwa seseorang mungkin tidak dapat sepenuhnya menghindari efek samping ini tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menguranginya yaitu dengan menggunakan serum berbahan dasar dari lidah buaya untuk menenangkan kulit dan meredakan peradangan pascawaxing.

2 .Jerawat

Waxing memang bisa menghilangkan bulu tapi metode ini juga membuat pori-pori kulit terbuka sehingga membuat timbulnya jerawat.

“Jerawat akan terbentuk jika pori-pori terinfeksi bakteri,” kata Marie Hayag.

Lebih lanjut, untuk mengendalikan jerawat setelah waxing, dia menyarankan untuk mempersiapkan kulit terlebih dahulu sebelum melakukan waxing dan mengenakan pakaian longga setelahnya untuk menghindari iritasi kulit lebih banyak.

3. Bulu tumbuh ke dalam

Waxing juga menjadi penyebab utama tumbuh bulu ke dalam. Menurut Hayag, kondisi seperti ini biasanya terjadi di area yang memiliki bulu lebih tebal seperti ketiak atau garis bikini. Hal ini juga sering terjadi pada orang-orang dengan rambut tebal dan keriting.

Di samping itu, Hayag juga menyarankan utnuk merawat rambut yang tumbuh ke dalam dengan melakukan eksfoliasi 24-48 jam sebelum dan sesudah waxing selama tiga kali dalam satu minggu. Kemudian menggunakan serum paska waxing.

Editor : Tia Ayunita