3 Fungsi Grill Mobil yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

Tangguh Yudha
Sabtu 14 Mei 2022 17:38 WIB
3 Fungsi Grill Mobil yang Jarang Diketahui, Apa Saja?
Fungsi grill pada mobil. (Foto: celebrities.id/Ilustrasi/Istimewa)

JAKARTA, celebrities.id - Grill pada mobil kerap dianggap sebagai aksesoris untuk mempercantik penampilan saja. Padahal grill memiliki fungsi yang cukup krusial, yang dapat membantu kinerja mobil.

Fungsi grill pada mobil sebenarnya sangat beragam. Penasaran apa saja? Berikut macam-macam fungsi grill mobil, seperti dilansir dari blog Auto2000 pada Sabtu (14/6/2022).

1. Menjadi Saluran Udara

Seperti ketahui, mesin memiliki temperatur panas yang cukup tinggi. Untuk itulah perlu aliran udara untuk menjaga temperatur mesin tetap stabil hingga tidak mencapai titik overheat.

Nah grill ini membuat udara bisa masuk dengan mudah. Saluran udara yang diberikan oleh grill membuat sistem kerja mesin tetap maksimal sepanjang digunakan.

2. Memberikan Aerodinamika dan Performa

Tak hanya sebagai saluran udara, grill juga berguna untuk meningkatkan aerodinamika mobil. Pada dasarnya, mobil harus memiliki desain aerodinamika yang baik agar memiliki performa konsisten.

Pada beberapa model mobil, grill memiliki desain minim lubang. Tujuannya agar udara yang menabrak bagian depan mobil bisa mengalir ke sisi samping atau atas.

Tidak terlalu banyak udara yang masuk ke dalam lubang tersebut. Karena semakin banyak udara yang masuk, maka semakin besar pula hambatan mobil.

Inilah yang akhirnya membuat sisi aerodinamis mobil menjadi lebih buruk. Grill dapat memberikan aerodinamika lebih bagus untuk meningkatkan performa mobil.

Β 

1
/
2