3 Langkah Penting Menjaga Kesehatan Baterai Smartphone, Nomor 2 Aktifkan Fitur Proteksi 

Danang Arradian
Senin 20 Juni 2022 21:32 WIB
 3 Langkah Penting Menjaga Kesehatan Baterai Smartphone, Nomor 2 Aktifkan Fitur Proteksi 
3 Langkah penting menjaga kesehatan baterai smartphone. (Foto: celebrities.id/mhoppsy Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Baterai pada smartphone bisa dibilang menjadi salah satu yang luput dari perhatian para penggunanya.

Padahal sektor baterai pada smartphone bisa dibilang paling rentan dari kerusakan, apabila tidak bijak merawatnya atau minimal faham bagaimana cara mengecas dangan baik dan benar.

Lantas bagaimana kebiasaan yang musti dihindari agar tidak merusak kualitas baterai smartphone? simak berikut tips ampuh dari Wildan Mukholad, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia: 

1. Perhatikan saat mengecas 

Kebiasaan buruk yang sangat umum kita temui ialah memainkan smartphone pada saat dalam kondisi sedang mengisi daya.

Sebab jika Anda melakukan itu, bakal membuat perangkat menjadi panas. dan jika dilakukan terus menerus maka  baterai ponsel akan berumur pendek dan cepat bocor. 

Maka, saat cas perangkat cukup pakai smartphone seperlunya. Atau jika ada kebutuhan darurat saja. Agar lebih aman, matikan smartphone saat dicas.

Selain itu, berbagai studi menunjukkan mengisi baterai smartphone hingga 100 persen merupakan kebiasaan kurang tepat. Untuk memperpanjang usia baterai, ada baiknya mengecas ketika baterai perangkat sudah menyentuh angka 30 persen dan berhenti mengecas di kisaran 80-85 persen. 

2. Aktifkan fitur proteksi baterai

Fitur ini sangat penting guna menjaga baterai tetap optimal, Wildan membeberkan pada Galaxy M53 5G sudah punya fungsi protect battery yang jika diaktifkan otomatis membatasi pengisian daya sesuai anjuran studi, yaitu 85 persen.

 

1
/
2