3 Manfaat Kiwi untuk Rambut, Cegah Uban dan Hilangkan Ketombe

Laras Dwi Sasmita
Sabtu 11 September 2021 12:54 WIB
 3 Manfaat Kiwi untuk Rambut, Cegah Uban dan Hilangkan Ketombe
Kiri bermanfaat untuk rambut. (Foto: celebrities.id/Adam Erlangga)

JAKARTA, celebrities.id - Buah kiwi pada dasarnya banyak digunakan untuk menjadi salad yang lezat dengan dipadukan buah-buah lain. Ternyata kiwi tak hanya berguna untuk menyehatkan tubuh, juga bisa untuk menjaga kesehatan rambut. 

Kiwi memiliki beragam kandungan vitamin dan zat alami yang berguna untuk membantu rambut dalam menghadapi permasalahan rambut. Kandungan tersebut diantaranya ada zat besi, seng, asam lemak omega-3 yang tinggi, Vitamin C, E, mineral dan tembaga. 

Melansir Mamaschoice, Sabtu (11/9/2021) terdapat tiga manfaat buah yang berasal dari Selandia Baru ini untuk kesehatan rambut.  

1. Melawan kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut

Vitamin C dan E adalah antioksidan yang membantu dalam memerangi kerontokan rambut. Kedua vitamin ini juga membantu memerangi kerontokan rambut dan meningkatkan kesehatannya secara keseluruhan dengan menjaga stres (dan radikal bebas) salah satu alasan umum rambut rontok.

Kiwi mengandung mineral seperti seng, magnesium, dan fosfor yang membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Ini, pada gilirannya, menyebabkan rambut lebih kuat dan pertumbuhan rambut lebih cepat.

2. Mencegah uban dini

Pada dasarnya tidak ada masalah dengan uban atau perubahan alami rambut hitam menjadi puth yang disebabkan faktor usia. Namun saat ini, tidak akan sulit untuk menemukan pria dan wanita mengubah warna rambut mereka menjadi abu-abu yang mencolok. Tetapi juga terdapat sebagian orang yang lebih memilih untuk mempertahankan warna rambut alami mereka selama mungkin karena uban adalah bagian dari kehidupan. Untuk mempertahankan warna rambut alami dapat menggunakan kiwi. 

Buah ini kaya akan tembaga dan mineral yang dapat membantu dalam produksi melanin. Dengan melanin yang bertanggung jawab atas warna rambut. Ketika produksi melanin lambat akan mempengaruhi warna rambut yam merubahnya menjadi uban. Metode ini dapat dilakukan dengan cara menambahkan buah kiwi keadalam porsi makan sehari-hari sehingga khasiat didalamnya dapat bekerja dengan baik. 

3. Membantu Mengobati Ketombe

Dengan kandungan zat besi, seng, dan asam lemak omega-3 yang tinggi, kiwi juga terbukti bermanfaat dalam mengobati ketombe atua jamur yang tumbuh pada kulit kepala. Kandungan seng tidak hanya mencegah pertumbuhan jamur tetapi juga menghilangkan sel-sel kulit berlebih dari kulit kepala. Sehingga dengan mengonsumsi secara rutin buah kiwi akan memperlihatkan hasil yang signifikan dalam mengurangi jumlah pertumbuhan jamur pada kulit kepala yang kana menumbuhkan ketombe.

Editor : Endang Oktaviyanti