3 Minyak Goreng Non-kolesterol, Dijamin Lebih Sehat dan Tetap Nikmat

Icon CameraKevi Laras
Minggu 22 Januari 2023 08:21 WIB
3 Minyak Goreng Non-kolesterol, Dijamin Lebih Sehat dan Tetap Nikmat
Rekomendasi minyak non-kolesterol, ada bunga canola hingga biji bunga matahari. (Foto: Freepik/Jcomp)

JAKARTA, celebrities.id - Masyarakat Indonesia cukup gemar mengolah bahan makanan dengan cara digoreng. Untuk menumis pun diperlukan minyak goreng. Namun, penggunaan minyak goreng berlebihan tidak baik untuk kesehatan.

Untuk itu, tidak ada salahnya beralih ke minyak goreng yang lebih sehat. Ya, ada beberapa jenis minyak goreng nonkolesterol yang lebih aman dikonsumsi, khususnya bagi penderita kolesterol tinggi. 

Adapun minyak goreng non kolesterol biasanya menggunakan berasal dari bahan nabati, seperti canola, jagung, zaitun, kedelai hingga biji bunga matahari. 

Berikut ulasan jenis minyak goreng non kolesterol, yang baik digunakan untuk masak sehari-hari, diolah dari berbagai sumber, Minggu (22/1/2023).

Jenis Minyak Goreng Nonkolesterol

1. Minyak Zaitun

Minyak pertama yang sangat familiar bagi masyarakat yaitu zaitun. Minyak yang sumber vitamin E dan antioksidan baik disebut polifenol. 

Menurut penelitian menunjukkan makan 1  1/2 sendok makan (20 gram) minyak zaitun setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Penyakit umum dialami oleh mereka menderita kolesterol tinggi, sehingga baik dikonsumsi saat perayaan imlek.

 

2. Minyak bunga matahari

Minyak ringan yang sedikit rasa, minyak bunga matahari dapat digunakan untuk memasak dengan panas tinggi. Saat perayaan imlek tentu berbagai hidangan seafood tersaji, nggak ada salahnya untuk mencoba. 

Sebuah penelitian membuktikan bahwa penggunaan minyak ini selama 10 minggu, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida secara drastis. Sebagaimana kandungan yang baik menjaga kondisi kesehatan jantung. Dari semua minyak disarankan, sebaiknya disimpan dengan baik, agar tidak merusak kandungan yang ada.

"Semua minyak akan memburuk dari waktu ke waktu dengan paparan cahaya, panas dan udara. Kabar baiknya adalah ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan meminimalkan kerusakan pada minyak," tulis keterangan heartfoundation.

3. Minyak canola

Minyak goreng non kolesterol terakhir yang disarankan baik untuk penderita kolesterol tinggi, sehingga aman digunakan saat perayaan imlek. Canola memiliki kandungan baik dari MUFA (dan beberapa PUFA), titik asap minyak canola tinggi membuatnya menjadi pilihan baik untuk memanggang, memasak dalam oven, dan menggoreng.

Juga kandungannya tinggi asam alfa-linolenat (ALA), asam lemak omega-3. Canola memiliki rasa yang ringan dapat digunakan dalam saus salad, bumbu perendam, saus dan baiknya bebas kolesterol.

Editor : Lisvi Padlilah

Follow Berita Celebrities di Google News