3 Penyakit Paling Bebani Biaya BPJS Kesehatan, Kardiovaskuler Capai Rp8,6 Triliun

Icon CameraKevi Laras
Kamis 19 Januari 2023 18:11 WIB
3 Penyakit Paling Bebani Biaya BPJS Kesehatan, Kardiovaskuler Capai Rp8,6 Triliun
Penyakit jantung paling bebani biaya BPJS Kesehatan. (Foto: celebrities.id/ Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Wakil Menteri Kesehatan Prof Dante Saksono Harbuwono menyebut penyakit jantung (kardiovaskuler) paling membebani biaya kesehatan di Badan Pusat Jaminan Sosial (BPJS).

Menurutnya, biaya penyakit jantung untuk BPJS sekira Rp9 triliun lebih setiap tahunnya.  Jumlah data penderita penyakit jantung, disebut dalam Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 dan 2018 menunjukan tren peningkatan  penyakit jantung yakni 0,5 persen pada 2013 menjadi 1,5 persen pada 2018.

Bahkan, Prof Dante mengatakan jika penyakit jantung merupakan penyakit menua (degeneratif). 

"Bayangkan banyak yang menderita. Selain faktor risiko juga karena degeneratif atau faktor penuan. Implikasi yang terjadi adalah penyakit jantung ini penyakit katastropik paling tinggi di BPJS 9,7 triliun tiap tahun," kata Wamenkes Prof Dante dalam Keterangan Pers Terkait Mesin MSCT Scan di RSJ Harapan Kita, Kamis (19/1/2023).

Melansir dari Sehat Negeriku laman Kementerian Kesehatan, salah satu penyakit jantung yang mengalami peningkatan pada usia muda adalah penyakit jantung koroner. 

Penyakit jantung koroner terjadi karena ada sumbatan pada pembuluh koroner baik akibat deposit kolesterol atau inflamasi (peradangan).

Berawal dari gaya hidup tidak sehat, jadi penyebab paling umum dari penyakit jantung koroner di usia muda. 

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2