3 Penyebab Kulit Kering yang Paling Sering Terjadi, Eksfoliasi Berlebihan Salah Satunya

Vania Ika Aldida
Minggu 16 Mei 2021 14:19 WIB
Eksfoliasi berlebihan salah satunya bisa bikin kulit kering. (Foto: celebrities.id/Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id – Kulit kering menjadi salah satu masalah yang cukup mengganggu wanita. Selain bikin enggak pede, kulit kering juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman seperti gatal-gatal dan iritasi.

Kulit kering merupakan kondisi ketika lapisan kulit paling atas tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Akibatnya kulitmu tampak kusam, bersisik, bahkan keriput.

Dilansir dari Pinkvilaa, Minggu (16/5/2021), kulit kering dapat berakibat pada pengelupasan kulit, iritasi, dan kerusakan yang dapat menyebabkan penuaan dini. Permasalahan kulit kering bisa disebabkan oleh faktor dari luar (eksternal) maupun faktor dari dalam (internal).
 
Bagi kamu yang memiliki permasalahan kulit serupa, yuk ketahui tiga penyebab umum kulit kering.

1. Penggunaan skincare berbahan aktif

Penggunaan produk perawatan kulit atau skincare memang dianjurkan supaya kulit tetap sehat dan ternutrisi. Namun, ada beberapa kandungan aktif pada skincare yang bisa menyebabkan kulitmu menjadi kering.

kandungan aktif tersebut biasanya ditemukan pada produk anti-aging seperti retinol, glycolic acid, salicylic acid, dan benzoyl peroxide.

Meski demikian, kandungan aktif tersebut enggak berbahaya untuk kulit. Jika skincare kamu mengandung bahan aktif yang telah disebutkan, jangan lupa untuk gunakan pelembap setelahnya.

Kamu juga bisa pilih produk skincare clean beauty yang baik untuk kulit. Produk-produk clean beauty biasanya tidak mengandung bahan aktif yang terlalu tinggi yang bisa memicu sensitivitas kulit.

 

1
/
2