3 Perkara yang Bikin Pahala Sedekah Tak Diterima Allah SWT, Simak Penjelasan Mama Dedeh

Laras Dwi Sasmita
Jumat 20 Mei 2022 05:04 WIB
3 Perkara yang Bikin Pahala Sedekah Tak Diterima Allah SWT, Simak Penjelasan Mama Dedeh
Mamah Dedeh menjelaskan pahala sedekah bisa hilangkan. (celebrities/Instagram)

JAKARTA, celebriteis.id - Sedekah merupakan salah satu amalan jariyah yang bertujuan untuk memberikan bantuan pada orang lain baik berupa barang atau uang. Setiap orang yang bersedekah tentunya ingin pahalanya bisa diterima oleh Allah SWT. 

Mama Dedeh mengatakan ketika seseorang beramal dan menunjukan tindakannya itu pada orang lain supaya memotivasinya untuk ikut bersedekah maka diperbolehkan. Menurutnya, tindakan itu bukan termasuk riya yang ingin mendapatkan pengakuan atau pujian dari orang lain. 

"Kalau ingin sedekahnya diterima lihat surat Al Baqarah ayat 271. Dalam ayat ini Allah berfirman kalau kita bersedekah ditampakan tapi niatnya ingin orang lain mencontoh apa yang kita lakukan itu baik. Tapi seandainya kamu sembunyikan tangan kanan memberi tangan kiri tidak tahu itu pun baik," tutur Mama Dedeh dikutip dari Kanal YouTube Curhat Mamah Dedeh, Jumat (20/5/2022). 

Selain itu, Mama Dedeh juga mengungkapkan bahwa terdapat tiga sikap yang membuat pahala sedekah menjadi tidak diterima oleh Allah SWT. Sikap tersebut adalah menyakiti hati orang yang menerima sedekah, mengungkit masalah dan riya. 

"Lihat Al-Baqarah 264, Allah berfirman 'Hei orang yang beriman jangan kamu batalkan pahala sedekahmu dengan mengungkit-ungkit, menyakiti hati orang yang menerima dan berbuat untuk dilihat," tuturnya.

Editor : Hadits Abdillah