3 Tips Sukses Bisnis Coffee Shop, Kunci Utamanya Fokus dan Terus Beradaptasi

Intan Afika Nuur Aziizah
Rabu 15 Juni 2022 19:32 WIB
3 Tips Sukses Bisnis Coffee Shop, Kunci Utamanya Fokus dan Terus Beradaptasi
Podcast Aksi Nyata Perindo: Bisnis coffee shop di Indonesia masih menjanjikan. (Foto: YouTube/Partai Perindo)

JAKARTA, celebrities.id - Kopi tidak lagi identik dengan minuman orang tua. Kopi kini telah menjadi gaya hidup anak muda. Bahkan, meminum kopi seolah sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat perkotaan pada umumnya.

Tak ayal, berbagai coffee shop kian menjamur di Indonesia. Berdasarkan riset independen Toffin, jumlah kedai kopi di Indonesia hingga Agustus 2019 mencapai lebih dari 2.950 gerai, meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan pada 2016 yang hanya 1.000 gerai. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto pun menyebut produksi kopi selama 10 tahun terakhir sudah tumbuh sebesar 250 persen. Ini membuat Indonesia menjadi penghasil kopi terbesar keempat di dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia.

Tingginya minat masyarakat untuk mengembangkan usaha kopi tentu saja membuat kompetisi dalam dalam bisnis ini semakin ketat. Lantas, apakah bisnis coffee shop masih menjanjikan hingga beberapa tahun ke depan?

Jawabannya ya! Meski persaingan bisnis kedai kopi di Indonesia semakin ketat, bukan berarti Anda tidak memiliki peluang untuk sukses dalam bidang ini. Arya Kinantha, salah satu pebisnis coffee roastery di Tangerang memberikan beberapa tips suksesnya bagi Anda yang ingin membuka kedai kopi sendiri. Apa saja?

1. Adaptasi dan inovasi

Pertama, belajar dan mencari tahu tentang berbagai jenis kopi di Indonesia, seperti robusta, arabika, dan liberika. Setelah itu, cobalah membeli dan nikmati secara langsung tanpa menggunakan gula. Dengan ragam kopi tersebut, cobalah beradaptasi dengan rasanya. Setelah itu, lakukan sebuah inovasi.

"Selain beradaptasi, kita juga harus punya inovasi. Jangan modal ikut-ikutan, harus punya karakter," ucap Arya Kinantha dalam Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia, Rabu (15/6/2022).

Setiap usaha kuliner makanan atau minuman memang wajib melakukan inovasi. Tujuannya, agar konsumen tidak bosan dan mempunyai pilihan menu baru saat berkunjung. Inovasi itu bisa datang dari rasa kopi, kemasan kopi, ataupun suasana dan dekorasi kedai kopi.  

2. Buat identitas, konsep, dan tema kedai kopi

Bila ingin usaha kedai kopi bertahan dan tetap tumbuh di tengah-tengah ketatnya persaingan, setiap pemilik usaha wajib menjaga identitas merek usahanya. Arya Kinantha bisa bertahan sampai sekarang karena komitmen menjaga identitas sebagai kedai kopi yang menonjolkan single origin Indonesia dengan kualitas terbaik.

 

1
/
2