4 Bahan Masker Alami untuk Mengatasi Kulit Kusam, dari Kunyit hingga Pepaya

Wilda Fajriah
Senin 30 Agustus 2021 15:14 WIB
4 Bahan Masker Alami untuk Mengatasi Kulit Kusam, dari Kunyit hingga Pepaya
Atasi kulit kusam dengan kunyit. (Foto: celebrities.id/Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Wajah kusam yang dialami wanita terjadi karena beberapa faktor. Misalnya saja karena polusi udara, cuaca ekstrim, serta udara yang lembab. Ini tentu sangat mengganggu penampilan sehingga banyak orang yang berusaha untuk menghilangkannya.

Tak selalu harus pergi ke salon yang mahal karena melansir Pinkvilla pada Senin (30/8/2021), berikut empat bahan alami yang bisa Anda jadikan masker wajah dan menggunakannya sebagai bahan untuk mengatasi kulit kusam.

1. Kunyit

Selain menjadi bahan pokok di dapur kita, kunyit juga memberikan keajaiban pada kulit. Ini memiliki sifat anti-inflamasi dan mengurangi iritasi serta hiperpigmentasi.

Campur satu sendok makan tepung gram (besan) dengan satu sendok teh kunyit. Tambahkan beberapa jus lemon dan buat pasta. Oleskan pada wajah Anda dan biarkan selama 10 menit. Cuci dengan air.

2. Ketimun

Mentimun dikenal karena sifat pendinginannya. Yang Anda butuhkan untuk masker wajah adalah mentimun. Parut dan campur menjadi pasta. Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

3. Pepaya

Kita sudah sering mendengar bahwa pepaya baik untuk kulit dan rambut kita. Ini membantu meningkatkan pencernaan dan menurunkan tekanan darah. Tapi masker wajah pepaya juga bisa menghasilkan kulit bercahaya.

Ambil 6 sampai 10 kubus pepaya, 2 sendok makan susu dan satu sendok makan madu. Hancurkan pepaya untuk memastikan tidak ada gumpalan.

Kemudian campur semuanya. Oleskan pasta dan biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya. Masker ini akan membuat wajah Anda bercahaya dan halus dalam waktu singkat karena menghidrasi dan menutrisi kulit.

4. Pisang

Pisang memiliki manfaat untuk meratakan kulit, membantu melawan kekeringan, mengurangi kerutan, menghilangkan noda membandel dan melembabkan kulit.

Caranya, hancurkan pisang lalu ambil dua sendok yoghurt dan satu sendok makan madu. Campur semua bahan menjadi satu untuk membuat pasta yang halus dan tidak menggumpal, oleskan ke wajah Anda.

Biarkan selama 20-30 menit dan cuci dengan air dingin. Anda juga bisa mengoleskan es batu setelahnya. Dan voila! Kulit wajah Anda pun jadi glowing dan super lembut!

Editor : Endang Oktaviyanti