4 Bahaya Krusial jika Oli Mesin Bocor, Mengancam Keselamatan Orang Lain

Bertold Ananda
Selasa 12 Oktober 2021 20:30 WIB
4 Bahaya Krusial jika Oli Mesin Bocor, Mengancam Keselamatan Orang Lain
Oli mesin bocor bisa membahayakan keselamatan orang lain. (Foto: celebrities.id/ADM)

JAKARTA, celebrities.id -  Oli mesin berfungsi untuk melumasi komponen internal mesin. Mesin yang terlumasi oleh oli secara menyeluruh tentu dapat menjaga mesin dalam kondisi optimal serta memperpanjang masa umur pemakaian mobil.

Hal ini disebabkan karena  oli juga berperan penting untuk mengurangi gesekan mesin. Namun apa jadinya bila oli yang tertampung dan berada di carter oli secara tiba-tiba terjadi kebocoran. Tentunya, sangat bahaya yang nantinya akan memporak-porandakan mesin mobil Anda.

Dilansir dari laman resmi Auto2000, Selasa (12/10/2021), berikut 4 bahaya yang kurisal jika oli mesin pada mobil sampai bocor:

1. Mesin porak poranda dan wajib turun mesin

Bahaya krusial yang dapat terjadi pada mesin mobil Anda jika mengalami kebocoran oli yaitu internal mesin akan rusak.  Jika sudah rusak cara memperbaikinya yakni dengan wajib turun mesin. Hal itu disebabkan karena ausnya komponen internal mobil akibat gesekan karena tidak tersedianya oli yang melumasi bagian mesin .

2.  Muncul suara kasar pada mesin

Sudah sejatinya komponen mesin yang terbuat dari metal dan aluminium jika bergesekan maka akan memicu timbulnya suara yang kasar pada mobil. Hal ini disebabkan karena tidak ada pelumasan oli yang bekerja secara berbarengan. 

 

1
/
2