4 Cara Atasi Rambut Lepek dan Bau, Nomor 4 Sering Diabaikan

Laras Dwi Sasmita
Rabu 17 November 2021 14:40 WIB
4 Cara Atasi Rambut Lepek dan Bau, Nomor 4 Sering Diabaikan
Keringkan rambut usai keramas sering diabaikan dan membuat rambut jadi lepek. (Foto: celebrities.id/Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Merawat rambut memang tidak semudah yang dilihat. Salah melakukan perawatan, maka bisa fatal pula akibatnya.

Telebih bagi kamu yang memiliki rambut mudah lepek. Jika tak mendapat penanganan yang tepat, maka akan mudah bau dan tentu akan mengganggu penampilan.

Lepek dan bau merupakan salah satu permasalahan rambut yang paling banyak dialami. Namun, tenang aja dan tidak perlu khawatir lagi. Semua permasalah itu bisa kamu atasi jika tahu bagaimana caranya.

Melansir dari berbagai sumber, Rabu (17/11/2021), berikut ini cara mengatasi rambut lepak dan bau. 

1. Pilih sampo yang mengontrol minyak

Pilihlah sampo yang diformulasikan khusus untuk rambut berminyak. Umumnya, sampo tersebut bekerja dengan membersihkan kulit kepala secara menyeluruh dan meninggalkan sensasi dingin, teksturnya juga cenderung lebih ringan.

2. Jangan sering menyisir

Wanita memang selalu ingin tampil rapih, Bukan saja dalam busa, tapi juga urusan tatanan rambut. Sedikit saja rambut berantakan, maka dengan segera dirapihkan dengan sisir. 

Nah ternyata menyisir terlalu sering ternyata mendorong produksi minyak di kulit kepala. Hal inilah yang membuat rambut kamu jadi terasa lepek dan bau. Menyisir rambut seperlunya aja, ya.

3. Jangan keramas dengan air hangat

Setelah menjalankan hari yang berat, memang paling nikmat melepas penat dengan mandi menggunakan air hangat. Namun sayangnya air hangat ini justru menstimulasi produksi sebum berlebih di kulit kepala. 

Selain itu, air hangat juga bisa melemahkan folikel rambut, sehingga memicu terjadinya rontok. Baiknya keramas menggunakan air biasa aja. 

4. Keringkan rambut sebelum mengikat atau gunakan hijab

Penting dilakukan, tapi sering diabaikan, nih. Mengikat atau gunakan hijab ketika rambut basah akan menyebabkan, rontok, ketombe, hingga rambut lepek dan bau. Untuk mencegah berbagai masalah tersebut, kamu harus memastikan rambut sudah dalam keadaan kering sebelum mengikat atau menggunakan hijab.

Editor : Endang Oktaviyanti