4 Cara Belajar Naik Motor agar Cepat Bisa, Cocok untuk Pemula

Bertold Ananda
Senin 04 Oktober 2021 15:03 WIB
4 Cara Belajar Naik Motor agar Cepat Bisa, Cocok untuk Pemula
4 Cara Belajar Naik Motor agar Cepat Bisa, Cocok untuk Pemula. (Foto: celebrities.id/Instagram @Astra Motor)

JAKARTA, celebrities.id – Mampu mengendarai sepeda motor merupakan sesuatu kebanggaan dan nilai plus bagi semua orang. Hal itu lantaran akan memudahkan Anda untuk beraktivitas.

Tidak perlu lagi bergantung pada kendaraan umum dan dapat mempersingkat waktu perjalanan dengan menggunakan sepeda motor. Bentuknya yang kecil ringkas sehingga mampu menerobos hiruk pikuk padatnya jalanan dan perkotaan.

Namun, agar mahir menggunakan sepeda motor tentunya terdapat cara yang tepat agar bisa mengendarai dengan lancar. Berikut ini dirangkum dari laman resmi Wahana Honda (04/10/2021), mengenai cara belajar motor agar cepat bisa.

1. Cari partner orang yang berpengalaman

Ini merupakan cara paling aman dan mendasar sebelum memulai belajar motor. Pastikan cari orang yang benar-benar kompeten dan mahir serta paham untuk selalu mendampingi Anda dalam belajar mengemudikan sepeda motor. Hal ini bertujuan untuk selalu sigap dan bisa diandalkan untuk mengambil tindakan cepat bila terjadi hal yang tidak di inginkan.

Meskipun belajar dengan membonceng partner Anda menyulitkan karena terdapat bobot yang mesti dikendalikan. Namun hal itu merupakan hal positif karena itu dapat memacu Anda untuk langsung belajar pada medan dan kondisi yang sulit. Jika Anda dapat melewati medan sulit pastinya akan sangat mudah untuk masuk pada tahapan berikutnya yang lebih ringan.

2. Pelajari teknik mekanisme hal dasar motor

Cara kedua yang dapat Anda lakukan selanjutnya yakni dengan memahami dasar, fungsi, jenis dan karakteristik motor terlebih dahulu sebelum memulai. Perlu Anda ketahui  bahwa terdapat 3 jenis motor umum yang tersebar dijalanan yakni motor matic, motor bebek dan motor kopling. 

Kuasai teori dan teknik dasar dari ketiga jenis motor tersebut. Selanjutnya barulah Anda belajar mengenai teknik mekanismenya Seperti teknik & cara  memutar gas, teknik & cara pengereman.  

Jika dipastikan sudah memahami teknik dan mekanisme dasarnya, kemudian Anda perlu mempelajari tentang peraturan, rambu-rambu lalu lintas dan garis marka jalan. Ini wajib dipahami untuk membuat Anda selalu berkendara dalam posisi dan kondisi aman dijalan raya.

3.  Lakukan di jalanan sepi 

Jika Anda sudah memahami teori dan pemahaman tentang mekanisme, teknik dasar, peraturan lalu lintas. Barulah selanjutnya Anda lakukan praktik dengan mengendarai langsung unit sepeda motor. Pastikan sebelum memulai cari tempat aman yang baik dan proper untuk memulai latihan, seperti halnya lapangan atau tanah kosong.

Jika sudah mahir bermanuver dijalanan sepi dan kosong, barulah mulai dengan di jalan yang sedikit agak ramai. Hal itu berguna untuk melatih mental dan menyesuaikan diri dengan kondisi jalan sekitar.

4.  Pastikan sudah cukup umur

Ketika sudah lancar dan mantap mental untuk mengendari motor. Langkah selanjutnya yang tak kalah penting yaitu memperkirakan umur dan pastikan umur Anda mencukupi dalam mengendari sepeda motor pada jalan raya besar dan ramai. Lalu kemudian buatlah surat ijin mengemudi sebelum mulai mengaspal dengan menggunakan motor.

Hal tersebut wajib diperlukan karena dalam mengendarai sepeda motor perlunya  kedewasaa mental dan emosi yang terkontrol dalam menggendarai sepeda motor.

Editor : Simon Iqbal Fahlevi