4 Cara Cas Aki Mobil dengan Listrik, Ingat Jangan Isi Penuh Isi Airnya

Intan Afika Nuur Aziizah
Rabu 29 September 2021 09:09 WIB
4 Cara Cas Aki Mobil dengan Listrik, Ingat Jangan Isi Penuh Isi Airnya
Aki berperan penting untuk menyalakan mesin mobil. (Foto: Auto 2000)

JAKARTA, celebrities.id - Listrik merupakan pengisi daya mesin mobil yang penting, terutama untuk aki mobil. Aki yang juga biasa disebut dengan accu atau baterai berperan penting saat mobil sedang distarter.
 
Pengunaan aki pada mobil juga penting bagi beberapa komponen mobil yang hanya bisa bergerak dengan adanya listrik, seperti head unit, lampu sinyal, dan alarm mobil.

Untuk itu ketahui cara cas aki dengan listrik yang bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa perlu ke bengkel. Dikutip dari laman Auto2000, berikut caranya.

1. Lepaskan aki dari mobil

Selama dicas, aki mobil harus berada dalam kondisi terlepas dari mobil. Lepaskan dengan hati-hati, apalagi bila mobilnya memiliki sistem ECU yang harus di-reset terlebih dulu.

Untuk melepaskannya, cabut kabel aki positif hitam terlebih dulu, baru cabut kabel merahnya. Setelah itu, tempatkan di area yang kering dan bersihkan debunya dengan menggunakan kain lap dan baking soda.

2. Periksa ketinggian air aki

Langkah berikutnya adalah memeriksa ketinggian air aki dengan cara membuka tutup ventilasinya. Bila volume air aki kurang, tambahkan air suling atau air aki hingga sisa ? batas atas ketinggian air.

Jangan isi airnya sampai penuh, karena elemen dalam aki bisa mengembang saat dicas. Buka tutup ventilasi air aki agar ledakan akibat gas bertekanan bisa diminimalisir.

3. Pasang kabel charger aki dan mulai mengecas

Setelah itu pasang kabel charger aki dengan benar dan berurutan. Pastikan chargernya tidak terhubung dulu dengan stop kontak agar aliran listrik tidak mengalir. Gunakan juga sarung tangan agar terhindar dari bahaya tersetrum saat memasangnya.

Cara memasang kabelnya, sambungkan kabel negatif berwarna hitam ke port aki hitam, kemudian hubungkan kabel merah positif ke port aki yang berwarna merah. Setelahnya, hidupkan alat charger dengan menyambungkannya ke stop kontak dengan hati-hati.

Atur juga saklar pada charger sehingga mendapatkan posisi yang tepat. Di charger mobil, ada tiga jenis saklar, yaitu saklar arus pengisian, saklar pengatur tegangan, dan saklar untuk mengatur waktu pengisian.

4. Tunggu hingga terisi penuh

Charger aki yang modern memiliki lampu indikator atau alarm yang menjadi tanda bahwa aki sudah terisi penuh. Waktu pengisian aki ini beragam, bergantung pada kapasitas akinya.
Biasanya, pengisian aki hanya berdurasi 3 hingga 12 jam. Kalau sudah selesai, charger akan mati dengan sendirinya.
 

Editor : Mohammad Saifulloh