4 Cara Mengendarai Sepeda Motor Sesuai Standar Keamanan, Dijamin Tak Mudah Lelah

Rio Chandra Putra Pratama
Sabtu 18 Desember 2021 00:43 WIB
4 Cara Mengendarai Sepeda Motor Sesuai Standar Keamanan, Dijamin Tak Mudah Lelah
Cara mengendarai sepeda motor sesuai standar keamanan perlu diperhatian agar selamat di jalanan. (Foto: Astra Motor)

JAKARTA, celebrities.id – Cara mengendarai sepeda motor sesuai standar keamanan perlu diperhatian agar selamat di jalanan. Sikap tubuh berkendara yang benar akan memudahkan pengendara untuk melakukan keseimbangan saat merespons situasi darurat.

Selain itu, dengan posisi badan yang benar saat berkendara juga tidak mudah lelah, dan mengganggu fokus berkendara. Dilansir dari Astra Motor, Sabtu (18/12/2021). Berikut, cara mengendarai sepeda motor sesuai standar keamanan:

1. Tubuh Tegak dan Rileks

Posisi tubuh yang tegak dan rileks sangat dibutuhkan dalam berkendara sepeda motor. Hal ini dikarenakan dengan menerapkan posisi ini maka Anda tidak akan mudah lelah dalam berkendara. 

Cobalah Anda berkendara dalam posisi membungkuk, tentu Anda akan merasa mudah lelah. Untuk itu, posisi tegak ini akan menghindari Anda dari mudah lelah dalam berkendara menggunakan sepeda motor.

Selain itu, posisi tubuh tegak dan rileks dalam berkendara akan lebih mudah bagi Anda untuk menyeimbangkan kendaraan dengan tubuh Anda. sehingga posisi tubuh yang tegak dan rileks menjadi posisi terbaik dalam berkendara dengan sepeda motor.

2. Lengan Tidak Terlalu Lurus

Perhatikan saat Anda berkendara menggunakan sepeda motor, saat Anda memegang kemudi tentu tangan Anda tidak selalu dalam keadaan lurus, kecuali saat Anda hendak melakukan sedikit peregangan. Pastikan posisi lengan saat Anda memegang stang motor harus ada jarak dengan siku sehingga lengan Anda masih ada tekukan.

Jika posisi tangan Anda terlalu lurus dan tidak ada tekukan pada siku maka Anda akan mudah merasa lelah, terlebih saat Anda akan melakukan pengereman. Dengan posisi tangan yang tidak terlalu lurus maka akan membuat Anda nyaman dalam berkendara serta memudahkan Anda dalam mengoperasikan kendaraan sepeda motor dengan mudah.

 

1
/
2