4 Cara Menghilangkan Karang Gigi, Tak Perlu Scaling

Diana Rafikasari
Kamis 19 Agustus 2021 23:50 WIB
4 Cara Menghilangkan Karang Gigi, Tak Perlu Scaling
Salah satu cara paling efektif menghilangkan karang gigi adalah dengan scaling. Tapi, bisa dengan cara lain. (Foto: celebrities.id/ Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Salah satu cara yang paling efektif menghilangkan karang gigi adalah dengan scaling. Alat yang disebut ultrasonic scaler ini bekerja merontokkan karang yang ada di sela-sela gigi dan di bagian garis gusi. Kedua bagian ini biasanya sulit dijangkau dengan sikat gigi.

Dengan scaling, karang gigi yang sangat keras sekali pun dapat dihilangkan. Scaling gigi idealnya dilakukan setiap enam bulan sekali.

Dikutip dari American Academy of Periodontology, plak tebal yang sudah mengeras butuh dihilangkan dengan perawatan khusus yang hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi. Selain scaling, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

1. Menyikat gigi dua kali sehari

Cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan menyikat gigi secara teratur masuk.Menyikat gigi merupakan salah satu cara paling gampang menghilangkan juga membersihkan karang gigi. Terutama untuk karang gigi yang masih berwarna putih.

Para ahli menganjurkan menyikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Supaya benar-benar bersih, sikatlah gigi Anda selama dua menit. Dsarankan untuk menyikat selama 30 detik untuk masing-masing empat bagian gigi (samping kanan, samping kiri, depan, dalam).

Selain itu pemilihan sikat gigi yang benar juga harus diperhatikan. Pilih sikat gigi yang memiliki bulu halus dan lembut. Sesuaikan kepala sikat gigi dengan lebar mulut Anda, pastikan kepala sikat tidak terlalu besar atau kekecilan.

 


2. Bersihkan gigi dengan benang

Pada dasarnya menyikat gigi hanya akan membersihkan permukaan gigi saja dan tidak sampai menjangkau bagian terdalam sela-sela gigi. Nah untuk menjangkau tempat yang sulit, membersihkan gigi dengan benang (dental floss) sangat disarankan.

Selain membersihkan karang gigi, rutin membersihkan gigi dengan benang juga dapat mengurangi risiko penyakit gusi dan bau mulut. Membersihkan gigi dengan benang idealnya dilakukan setelah menyikat gigi.

3. Menggunakan baking soda

Ternyata karang gigi bisa dibersihka menggunakan baking soda.Karang gigi yang membandel bisa dihilangkan dengan cara menggosok gigi menggunakan baking soda. Tidak hanya efektif, cara ini diklaim aman untuk dicoba.

Soda kue mampu untuk menghilangkan plak tanpa merusak enamel gigi Anda. Dalam sebuah studi juga menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue lebih efektif mengurangi jumlah plak.

Tak hanya itu, kandungan soda kue dapat melindungi gigi dari kehilangan kalsium serta email. Ditambah dengan adanya sifat antimikroba untuk mencegah kerusakan gigi.

4. Memakai obat kumur

Obat kumur juga bisa dipilih untuk menghilangkan karang gigi. Obat kumur dapat membantu merontokkan plak, kotoran, dan sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan gigi.Namun ingat hindari memilih obat kumur yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan mulut kering.

Tak hanya menghilangkan karang gigir, obat kumur juga dapat mengurangi bau mulut.Berkumurlah pakai obat kumur setelah Anda menyikat gigi. Gunakan obat kumur sesuai dengan dosis yang ada di petunjuk pemakaian atau yang dianjurkan dokter.

Editor : Tedy Ahmad