4 Cara Mudah dan Praktis Dapatkan Kulit Putih, Coba Pakai Bahan Alami

Muhammad Sukardi
Minggu 31 Oktober 2021 14:24 WIB
4 Cara Mudah dan Praktis Dapatkan Kulit Putih, Coba Pakai Bahan Alami
Masker oatmeal bisa bikin wajah cerah dan bersih. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Wanita memang kerap melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kulit putih. Salah satunya dengan datang ke klinik kecantikan.

Padahal, ada pula bahan alami untuk mendapatkan kulit putih bersih. Anda pun tak perlu repot karena semua bahan tersebut dapat ditemukan dalam sehari-hari.

Menurut Dermatologis Lisa Stirling, proses memutihkan atau mencerahkan kulit itu berkaitan dengan mengurangi atau mengendalikan jumlah melanin di kulit Anda.  

"Warna kulit yang tidak merata, yang menyebabkan kulit terlihat kusam dan tidak cerah, merupakan konsekuensi dari hiperpigmentasi yaitu munculnya bercak-bercak hitam pada kulit," kata Stirling di laman eMediHealth, Minggu (31/10/2021).  

Dia mengatakan, area kulit yang gelap bisa juga disebabkan oleh bintik-bintik penuaan atau melasma. Orang-orang menggunakan teknik pencerah kulit untuk memudarkan masalah tersebut.  

Berikut empat bahan alami yang mudah ditemukan untuk membantu mencerahkan atau memutihkan kulit Anda dengan hasil yang bisa dilihat secara langsung. Penasaran?  

1. Pepaya 

Nutrisi yang terkandung di dalam pepaya banyak dimanfaatkan untuk produk kosmetik. Kandungan baik tersebut memberikan efek cerah pada kulit. Ini yang kemudian bertindak sebagai agen pemutih alami kulit Anda.  

- Potong dan haluskan pisang dan pepaya bersama-sama.  

- Tambahkan madu ke campuran yang sudah di haluskan.  

- Aduk rata dan oleskan ke kulit.  

- Biarkan selama 15-20 menit. Bilas pasta dengan air hangat dan keringkan kulit dengan handuk bersih.  

2. Jeruk  

Memutihkan kulit dengan bahan alami seanjutnya sudah dikenal luas akan manfaat mencerahkan kulitnya. Tak hanya itu, dengan mengonsumsi jeruk segar setiap hari, Anda dapat merevitalisasi kulit dari dalam dan ini yang membuat kulit terasa lembut dan halus.  

- Oleskan jus jeruk pada kulit Anda untuk mendapatkan warna kulit yang rata.  

- Menambahkan jus jeruk pada menu sehari-hari juga direkomendasikan untuk mengekstrak manfaatnya. 

3. Gel lidah buaya 

Lidah buaya juga bisa dapat digunakan untuk memutihkan kulit secara alami. Ada efek rasa dingin dan anti-inflamasinya. Mengaplikasikan lidah buaya ke kulit mempercepat proses pembelahan sel dan perbaikan jaringan yang rusak. Ini dapat membantu mengobati hiperpigmentasi. 

- Oles gel lidah buaya ke wajah. 

- Biarkan selama 15-20 menit. 

- Bilas kulit dengan air hangat. 

4. Oatmeal 

Memutihkan dengan bahan alami juga bisa dengan oatmeal yang telah digunakan untuk pengobatan berbagai masalah kulit sejak lama. Penggunaan oatmeal untuk kesehatan kulit difokuskan pada anti-ruam, mengatasi kulit kering, dan eksim. 

Studi pernah dilakukan untuk memahami mekanisme oatmeal koloid memperkuat penghalang kulit. Oatmeal juga dipercaya mengandung flavonoid yang dapat menyerap UVA (320-370 nm). 

Oatmeal dipercaya juga untuk meremajakan kulit dengan pengelupasan kulit mati. Ini membantu sekali dalam mencerahkan atau memutihkan kulit, sekaligus memaksimalkan kelembapan alami pada kulit. 

- Ambil beberapa oatmeal yang sudah direbus. 

- Setelah dingin, oleskan ke wajah Anda sebagai masker. 

- Cuci bersih setelah 10-15 menit atau setelah  mengering.

Editor : Endang Oktaviyanti