4 Dampak Buruk Merokok dalam Mobil, Salah Satunya Kendaraan Sulit Terjual

Intan Rakhmayanti Dewi
Minggu 26 September 2021 13:35 WIB
4 Dampak Buruk Merokok dalam Mobil, Salah Satunya Kendaraan Sulit Terjual
Dampak buruk akibat merokok di mobil. (Foto: The Guardian)

JAKARTA, celebrities.id - Banyak orang memilih merokok saat berkendara atau saat menjadi penumpang mobil. Padahal, perilaku tersebut memiliki banyak dampak buruk. 

Pasalnya, bau rokok menempel di seluruh ruang kabin mobil dan sulit dihilangkan. Belum lagi soal keselamatan dalam berkendara di jalan. Berikut adalah sejumlah hal yang bisa terjadi jika merokok di dalam mobil, dikutip Auto2000, Minggu (26/9/2021).

1. Mengganggu pengemudi dan pengguna lain

Merokok saat menyetir dapat menyebabkan konsentrasi berkurang karena harus memperhatikan pegangan tangan pada rokok, termasuk membuang abu rokok yang tersisa.
Belum lagi embusan asap yang dikeluarkan ketika merokok akan mengganggu pandangan di dalam mobil. Meski hanya sebenta, teralihnya perhatian dapat membahayakan keselamatan jika di depan mobil ada masalah.

Selain itu, bekas abu rokok yang dibuang keluar atau tertiup angin juga membahayakan pengguna jalan lain, apalagi kalau masih ada bara apinya.

2. Meninggalkan bau tidak sedap di dalam mobil

Asap rokok akan bertahan dan menempel di berbagai sudut kabin mobil, terutama area kokpit seperti dasbor, setir, dan panel pintu depan.

Aroma tidak sedap khas nikotin bakal terus menempel dan akan sangat sulit dihilangkan sampai kapanpun. Coba perhatikan atap kabin mobil, jika ada bercak kuning berarti pemiliknya gemar merokok di dalam mobil. Tidak hanya mengganggu, tapi juga membuat kabin tidak nyaman, terutama bagi anak kecil dan orang lanjut usia.

 

1
/
2