4 Fakta Menarik Anthony Sinisuka Ginting, Pebulu Tangkis Tunggal putra Indonesia

Devi Fitriani Rizky
Jumat 13 Mei 2022 19:22 WIB
4 Fakta Menarik Anthony Sinisuka Ginting, Pebulu Tangkis Tunggal putra Indonesia
Fakta Anthony Sinisuka Ginting. (Foto: celebrities.id/Instagram)

JAKARTA, celebrities.id – Anthony Sinisuka Ginting rupanya sangat menarik perhatian para penggemar bulu tangkis.

Selain memiliki paras yang manis, prestasi Ginting juga telah mendunia. Anthony Sinisuka Ginting adalah pebulu tangkis Indonesia yang berasal dari klub SGS PLN Bandung. Pria berusia 25 tahun ini memulai kariernya menjadi atlet bulu tangkis sejak tahun 2013.  

Seiring berjalannya waktu dan latihan yang ketat, permainan Ginting semakin berkembang dan pengalamannya dalam bertanding sudah cukup banyak mulai dari kejuaraan nasional hingga internasional.

Dilansir dari beberapa sumber pada Jumat (13/5/2022), berikut fakta menarik Anthony Sinisuka Ginting.

1. Memiliki nama yang unik

Ginting memiliki nama yang cukup unik. Bahkan, tak sedikit netizen yang mengira nama tengahnya tersebut berasal dari Jepang.

Ginting menjelaskan namanya tersebut tidak ada kaitannya dengan Jepang sama sekali. Sinisuka rupanya berasal dari istilah Batak, 'Sini' yang berarti 'dari'.

Adapun 'Suka' merupakan nama desa yang menjadi kampung halamannya di Sumatera Utara.

2. Mengidolakan Taufik Hidayat

Anthony Sinisuka Ginting mengaku pertama kali kenal badminton karena sering melihat Taufik Hidayat di televisi. 

Walau hanya melihat idolanya lewat televisi, Ginting mengaku sangat senang dan jadi terinspirasi oleh Taufik Hidayat. Dirinya mengidolakan Taufik Hidayat karena Ginting menyukai gaya main dan ketenangan Taufik di lapangan.

3. Lolos Olimpiade Tokyo dengan poin lebih dari 75.000 

Ginting melakukan permainan yang sempurna saat bertanding di Olimpade Tokyo 2020 , dia lolos kualifikasi Olimpiade tersebut setelah menduduki peringkat kelima daftar Race to Tokyo BWF di nomor tunggal putra pada 15 Juni 2021 dengan raihan poin 75.332.

4. Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia yang mencapai semifinal setelah Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro

Dua pemain tunggal Indonesia yang pertama kali berhasil sampai ke babak semifinal Olimpiade 17 tahun silam di Olimpiade Athena 2004 adalah Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro yang sama-sama masuk ke babak semifinal.

Kini Anthony Sinisuka Ginting mengulangi sejarah tersebut di Olimpiade Tokyo 2020 setelah menang melawan Anders Antonsen.

Editor : Tia Ayunita