4 Fakta Menarik Elon Musk, Bos SpaceX dan Tesla yang Baru Saja Mengakuisisi Twitter

Hanif Eldrian Ihsan
Rabu 27 April 2022 17:27 WIB
4 Fakta Menarik Elon Musk, Bos SpaceX dan Tesla yang Baru Saja Mengakuisisi Twitter
Elon Musk tidak hanya dikenal karena kekayaannya, tapi juga ide-ide gila seputar sains dan antariksa. (Hindustan Times/AP File Photo )

JAKARTA, celebrities.id - Siapa yang tak kenal dengan sosok Elon Musk? Miliarder yang belakangan namanya meroket berkat mengakuisisi Twitter ini memang tak pernah lelah berinovasi. Tentu banyak dari Celeb Hitz yang penasaran dengan rekam jejak Elon Musk.

Meski terlahir dari keluarga kaya raya, hal ini tak membuat Elon Musk menjadi malas-malasan dan tidak mau berkarya. Pria berusia 50 tahun ini bahkan telah mendapat penghasilannya sendiri sejak berusia 12 tahun. Wah daripada semakin penasaran, dikutip dari beberapa sumber berikut ini kami sajikan rekam jejak Elon Musk sampai saat ini.

Rekam Jejak Elon Musk 

1. Otak Bisnis Sejak Dini 

Elon Musk lahir dan besar di Afrika Selatan. Dia terlahir dari keluarga kaya raya dan sudah tercium bakat teknologi dan kewirausahaannya sejak masih kecil. Bagaimana tidak? ketika masih berusia 12 tahun, Elon Musk sudah memperdagangkan kode Video Game buatannya sendiri.

Lalu pada 1995 bersama saudaranya yang bernama Kimbal, mereka mendirikan perusahaan software web bernama Zip2 yang empat tahun kemudian mereka jual ke Compaq seharga 307 juta dolar AS. Selanjutnya dia ikut mendirikan bank online, x.com yang berubah menjadi PayPal setelah bergabung dengan Confinity pada 2000.

Ini barulah awal dari segalanya. Elon Musk ingin mengejar mimpi besarnya di Amerika Serikat, hingga akhirnya dia resmi menjadi warga negara AS pada tahun 2002.

2. Penerbangan Pertama Bersama SpaceX

Pada kesempatan ketiganya dalam membangun perusahaan, kali ini Elon Musk ingin mewujudkan impiannya untuk membawa umat manusia ke luar angkasa. Dia beranggapan jika umat manusia ingin bertahan hidup, maka kita tidak bisa hanya mengandalkan bumi sebagai satu-satunya planet yang bisa dijelajahi.

Berangkat dari situ, akhirnya Elon Musk mendirikan SpaceX. Perusahaan ini diproyeksikan untuk membangun pesawat ruang angkasa yang dapat digunakan kembali dan mudah untuk dioperasikan serta dapat digunakan untuk perjalanan ruang angkasa komersial. Target dari proyek ini, adalah membawa manusia ke luar angkasa.

Hingga pada akhirnya, di tahun 2020 SpaceX meluncurkan penerbangan dengan awak untuk pertama kalinya. Proyek selanjutnya yang sedang digarap SpaceX adalah Starship yang diproyeksikan untuk menjelajahi Mars.

3. Investasi di Tesla Motors

Kembali ke tahun 2004 dimana Elon Musk masih mengembangkan SpaceX, bersamaan dengan itu dia juga memulai investasi di Tesla Motors dan menjadi pemegang saham dan ketua dewan direksi terbesarnya. Tesla berkembang menjadi perusahaan otomotif yang mengembangkan kendaraan listrik. Selain itu, perusahaan ini juga mengembangkan baterai lithium-ion untuk kebutuhan rumah tangga.

 

1
/
2