4 Jenis Peptida untuk Perawatan Kulit, Kenali Perbedaan dan Manfaatnya 

Icon CameraCitra Brilian Nandayu
Sabtu 14 Januari 2023 13:05 WIB
4 Jenis Peptida untuk Perawatan Kulit, Kenali Perbedaan dan Manfaatnya 
Jenis peptida untuk perawatan kulit. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Peptida adalah rantai asam amino yang dibentuk dengan cara tertentu dan membuat protein dan kolagen. 

Protein adalah blok bangunan paling dasar dari kulit, organ dan jaringan Anda. 

Sementara, kolagen adalah salah satu protein terpenting dalam tubuh dan sekira 75 hingga 80 persen kulit Anda terdiri dari protein kolagen. 

Dilansir dari Stylecraze, Sabtu (14/1/2023), berikut jenis peptida yang ada didalam produk skincare. 

Jenis Peptida untuk Kulit

1. Peptida pembawa 

Peptida pembawa membantu membawa elemen jejak yang stabil seperti mangan dan tembaga ke kulit Anda. Elemen jejak ini membantu dalam meningkatkan perkembangan kolagen, meningkatkan elastisitas kulit Anda, dan membantu penyembuhan luka. Peptida ini biasanya digunakan dalam perawatan kulit anti-penuaan. 

2. Peptida penghambat neurotransmitter 

Peptida penghambat neurotransmiter menghambat kontraksi otot Anda dan memberi efek seperti botox. Jika otot Anda tidak berkontraksi, tidak ada ruang untuk pembentukan kerutan. Namun, peptida ini hanya bekerja pada kerutan yang terbentuk oleh garis ekspresi dan bukan yang disebabkan oleh polusi, paparan sinar matahari, dan faktor lainnya. 

3. Peptida penghambat enzim 

Peptida ini menghambat semua enzim yang memecah kolagen di kulit. Dengan cara ini, kulit Anda akan menua secara perlahan. Sebagian besar peptida ini biasanya melarang fungsi Matrix Metalloproteinases atau MMPs. 

4. Peptida sinyal 

Seperti namanya, peptida ini biasanya mengirim sinyal ke kulit untuk meningkatkan produksi elastin, kolagen, dan protein lain yang mungkin dibutuhkan kulit agar tetap segar dan awet muda.

Editor : Tia Ayunita

Follow Berita Celebrities di Google News