4 Jenis Tes untuk Diagnosis Hepatitis Misterius, Apa Saja?

Muhammad Sukardi
Sabtu 14 Mei 2022 09:18 WIB
4 Jenis Tes untuk Diagnosis Hepatitis Misterius, Apa Saja?
Jenis tes untuk diagnosis hepatitis misterius. (celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Seorang pasien baru mendapatkan diagnosis hepatitis misterius setelah menjalani 4 jenis tes yang memerlukan waktu cukup lama. Makanya, ada status pending classification pada kasus hepatitis misterius ini. 

Ya, pasien dinyatakan berstatus 'pending classification' karena hasil pemeriksaan di rumah sakit ataupun laboratorium belum keluar sampai laporan perlu disampaikan ke Kementerian Kesehatan. 

Memangnya, apa saja tes yang harus dijalani pasien untuk mendapatkan diagnosis hepatitis misterius? 

Menurut Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso dr Mohammad Syahril, keempat tes tersebut harus dijalani pasien untuk memastikan status penyakitnya dan menjamin penanganan lebih lanjut supaya pasien dapat sembuh dengan optimal. 

"Serangkaian tes perlu dijalani pasien. Ini terkait juga dengan masih misteriusnya penyebab penyakit, sehingga beberapa tes perlu dilalui untuk memastikan diagnosis sesuai dengan standar Badan Kesehatan Dunia (WHO)," tutur dr Syahril, Jumat (13/5/2022). 

Benar, setidaknya ada 3 definisi status kesehatan pada penyakit hepatitis misterius ini, antara lain confirmed atau konfirmasi yang belum tersedia definisinya. 

Lalu, ada probable yang artinya pasien dinyatakan negatif hepatitis A sampai E, nilai SGOT dan SGPT di atas 500 IU/L, usia di bawah 16 tahun, dan kasus ditemukan sejak 1 Oktober 2021. 

Satu status kesehatan lainnya pada penyakit hepatitis misterius ini adalah epi-linked yang artinya pasien negatif hepatitis A sampai E, dialami segala usia, dan kontak erat dengan kasus probable yang ditemukan sejak 1 Oktober 2021. 

Nah, untuk memastikan pasien ada di status kesehatan mana, ada 4 jenis tes yang perlu dijalani. Apa saja?

 

1
/
2