4 Kandungan Skincare untuk Kulit Berminyak, dari Retinol hingga Salicylic Acid

Abdul Razak
Rabu 24 November 2021 14:28 WIB
4 Kandungan Skincare untuk Kulit Berminyak, dari Retinol hingga Salicylic Acid
kandungan skincare untuk kulit berminyak. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Kulit berminyak bagi sebaian wanita memang sangat mengganggu penampilan. Wajah akan terlihat kusam sepanjang hari. 

Para pemilik kulit berminyak pun selalu berusaha mencari cara agar penampilan menjadi lebih baik. Salah satunya melakukan perawatan dengan memakai skincare.

Namun, terkadang masih ada saja yang belum paham tentang kandungan dari skincare untuk kulit berminyak. 

Melansir dari Bottlecode, Rabu (24/11/2021), berikut kandungan skincare untuk kulit berminyak.

1. Hyaluronic Acid

Kulit berminyak bisa merupakan tanda bahwa kulit kita kekurangan cairan. Saat kulit kekurangan cairan, kulit secara otomatis akan memproduksi lebih banyak minyak untuk mengisi kekosongan cairan tersebut, sehingga kandungan skincare melembabkan seperti hyaluronic acid dapat menjadi pilihan yang tepat.

Hyaluronic acid dapat mengikat kelembapan dan cairan pada kulit agar tidak menguap, sehingga kelembapan pada kulit akan kembali normal.

2. Retinol

Retinol ternyata tak hanya mampu mengatasi kulit keriput, juga dapat digunakan untuk mengatur regulasi minyak. Retinol bekerja dengan meningkatkan produksi kolagen pada kulit kita.

Dengan meningkatnya produksi kolagen, kulit dapat menjadi lebih cerah dan sehat. Namun, perlu diingat bahwa retinol cukup sensitif dan bisa membuat kulit iritasi, ya!

3. Salicylic Acid

Salicylic acid menjadi kandungan skincare lainnya yang bermanfaat bagi kulit berminyak. Apalagi jika kamu memiliki jenis kulit berminyak yang menyebabkan jerawat hingga breakout parah!

Salicylic acid merupakan kandungan skincare anti-inflammatory yang dapat melawan minyak berlebih dan meluruhkan sel-sel kulit mati. Selain itu, salicylic acid juga bisa membersihkan pori-pori agar terbebas dari kotoran yang menyumbat.

4. Niacinamide

Niacinamide selain bisa mengontrol minyak berlebih, niacinamide juga bisa menghidrasi, meningkatkan elastisitas kulit, dan mengecilkan ukuran pori-pori. Menariknya, niacinamide merupakan kandungan skincare yang bisa digunakan berbarengan dengan hyaluronic acid!

Editor : Endang Oktaviyanti