4 Kerusakan yang Umum Terjadi pada Wiper dan Cara Mengatasinya

Bertold Ananda
Kamis 23 Desember 2021 21:03 WIB
4 Kerusakan yang Umum Terjadi pada Wiper dan Cara Mengatasinya
Kerusakan yang umum terjadi pada wiper dan cara memperbaikinya. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Memasuki musim hujan di penghujung tahun ini membuat pemilik kendaraan roda empat wajib memeriksa kondisi wiper. Pasalnya, wiper berfungsi untuk menyapu kotoran dan air yang terperangkap di kaca depan yang mengganggu pandangan berkendara.

Agar pandangan mengemudi tetap jelas, waspadai 5 kerusakan berikut ini sebagaimana dikutip dari Auto2000, Kamis (23/12/2021).

1. Wiper lambat bergerak

Kerusakan yang mulai terjadi pada wiper biasanya menimbulkan efek gerak wiper menjadi lambat. Hal itu umumnya disebabkan karena terdapat karat pada engkol wiper sehingga menjadi seret. Maka dari itu wiper bergerak lambat membuat daya sapunya juga lambat.

Cara mengatasinya dengan membongkar dan membersihkan karat dan korosi menggunakan cairan kimia anti karat. Jika karat tersebut sudah parah maka Anda bisa lakukan pengelasan ataupun menggantinya dengan yang baru.
 
2. Wiper tidak gerak

Kerusakan seperti ini dapat membuat pengemudi panik, terlebih saat diterjang hujan lebat. Akibatnya akan sangat merepotkan pandangan dan tidak bisa melihat dengan jelas.

Biasanya, terdapat dua sebab kerusakan utama. Pertama, putusnya sekring sehingga membuat wiper tidak bergerak. Kedua, motor atau dinamo wiper sudah rusak. 

 

1
/
2