4 Kue Mengandung Kolesterol Tinggi, Salah Satunya Kudapan Lebaran

Kevi Laras
Senin 13 Juni 2022 18:47 WIB
4 Kue Mengandung Kolesterol Tinggi, Salah Satunya Kudapan Lebaran
Kue kering Lebaran mengandung kolesterol tinggi (Foto: celebrities.id/Instagram @albumresepku)

JAKARTA, celebrities.id - Mengkonsumsi kue bercita rasa manis, umumnya lebih disukai. Ternyata di balik kenikmatan kue manis, bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh. 

Kue atau makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan produk susu yang mengandung lemak jenuh, tidak sehat bila dikonsumsi secara berlebih. Termasuk makanan dipanggang dan makanan cepat saji, keduanya mengandung kadar kolesterol LDL (jahat) berbahaya bagi kesehatan.

Berikut kue yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (13/6/2022), mengandung kolesterol tinggi, perlu dikontrol saat mengkonsumsinya. 

1. Kue Lebaran 

Salah satu kue yang digemari siapa pun, karena dikonsumsi kala momen spesial yaitu Lebaran (Idul Fitri). Pada umumnya mengandung susu, telur dan keju, di mana satu potong kue kering lebaran mengandung sekitar 75 kalori.

2. Kue Muffin

Kue yang juga disukai orang barat ini ternyata mengandung hingga 8g lemak, dilansir dari everyday health. Bila dikonsumsi secara berlebihan bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh.

 

3. Kue dengan daging/keju

Mengonsumsi kue saat waktu senggang, salah satu kebiasaan siapa pun. Namun ada kue dengan topping daging dan keju, perlu diperhatikan karena termasuk jenis makanan memiliki kandungan lemak dan kolesterol tinggi.

Bagi penderita kolesterol, mengkonsumsi berbahan dasar daging merah (sapi,dll) adalah tantangan. Sebab, dalam 100 gr daging sapi mengandung lemak total 14 gr dan kolesterol 70 mg.

4. Bolu Mentega

Perlu dipahami salah satu kue yang cukup tinggi mengandung kolesterol yaitu bolu dengan berbahan mentega. Berdasarkan hasil penelusuran di google, bolu ini mengandung 221 mg kolesterol.

Perlu diketahui Mentega mengandung lemak jenuh tinggi. Lemak jenuh diketahui tidak baik untuk kesehatan, bila dikonsumsi secara berlebih, bisa menyebabkan penumpukan kolesterol jahat di pembuluh darah.

Editor : Hadits Abdillah