4 Makanan yang Berserat Tinggi, Cocok Dikonsumsi Setiap Hari

Novie Fauziah
Senin 25 Juli 2022 22:38 WIB
4 Makanan yang Berserat Tinggi, Cocok Dikonsumsi Setiap Hari
Brokoli salah satu makanan berserat tinggi. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Setiap manusia membutuhkan asupan serat di dalam tubuhnya. Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan, untuk mengonsumsi sekitar 14 gram serat setiap 1.000 kalori yang Anda konsumsi setiap hari. 

Oleh karena itu, hal ini berarti sekitar 24 gram serat untuk wanita, dan 38 gram untuk pria. Dilansir dari laman Health Line, Senin (25/7/2022), berikut ini empat makanan berserat tinggi, yang dapat Anda konsumsi setiap hari.

4 Makanan yang Berserat Tinggi

1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi untuk diet. Sebab di dalamnya mengandung serat tinggi.

Brokoli sarat dengan vitamin C, vitamin K, folat, vitamin B, kalium, zat besi, dan mangan dan mengandung antioksidan, serta nutrisi pelawan kanker yang kuat.

Brokoli juga relatif tinggi protein, dibandingkan dengan kebanyakan sayuran.

2. Stroberi

Stroberi merupakan salah satu yang cukup banyak digemari, karena rasanya segar dan mengandung vitamin C. Buah ini mengandung 3 gram dalam 1 cangkir stroberi segar, atau 2 gram per 100 gram.

Stroberi padat nutrisi yang bisa Anda makan, mengandung banyak vitamin C, mangan, dan berbagai antioksidan kuat. Cobalah beberapa di smoothie stroberi yang dicampur dengan pisang.

3. Apel

Kemudian apel. Apel adalah salah satu buah yang rasanya lezat, dan juga bisa mengenyangkan, serta tinggi akan serat.

Apel mengandung serat sebanyak 4,4 gram berukuran sedang, atau 2,4 gram per 100 gramnya. Anda bisa mengosnsumsinya sebagai salad. 

4. Buncis

Sayuran yang kaya akan serat adalah buncis, jenis lain dari kacang-kacangan yang sarat dengan nutrisi, termasuk mineral dan protein.

Sayuran satu ini cukup mudah ditemukan, dan banyak dijual di pasaran. Jadi Anda bisa mengkonsumsi buncis dengan berbagai cara, misalnya direbus atau sebagai lalapan.

Editor : Hadits Abdillah