4 Makna Khusus di Balik Spot Jerawat, Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Icon CameraWiwie Heriyani
Minggu 20 November 2022 20:29 WIB
4 Makna Khusus di Balik Spot Jerawat, Lengkap dengan Cara Mengatasinya
Ketika muncul jerawat di wajah menandakan sejumlah penyebab khusus. (celebrities.id/Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Ketika muncul jerawat di wajah menandakan sejumlah penyebab khusus. 

Jerawat di wajah biasanya muncul di bagian manapun, umumnya di bagian T-zone atau sekitar dahi, pipi, hingga hidung. Kemunculan jerawat di beberapa bagian wajah ternyata memiliki kondisi yang berbeda, sehingga penanganannya pun juga berbeda. 

Lantas, apa saja perbedaan jerawat di setiap bagian wajah, dan bagaimana penangannya? 

1. Jerawat di dahi dan hidung

Sebagian besar orang mengalami jerawatan di bagian-bagian ini. Biasanya, hal ini disebabkan oleh kelebihan minyak dan stres. Bila kelelahan atau stres berkepanjangan, kondisi jerawat bisa saja menjadi lebih parah.

Untuk mengatasinya, disarankan untuk mengendalikan rasa stres dan menjaga kualitas tidur yang lebih baik. Selain itu, hindari memegang area wajah dengan tangan kotor.

2. Jerawat di sekitar garis rambut

Jerawat juga kerap muncul di area garis rambut, yaitu sekitar pelipis dan dahi. Penyebabnya bisa jadi karena kurang memperhatikan kandungan kimia dalam produk pencuci rambut yang biasanya digunakan.

Produk perawatan rambut yang kurang cocok dengan kulit atau yang berbahan dasar minyak (misalnya pomade) dapat menyumbat pori-pori dan akhirnya memicu jerawat.

3. Jerawat di bagian pipi

Pipi merupakan bagian wajah yang tidak luput dari masalah jerawat. Sebenarnya jerawat di bagian ini bisa muncul karena banyak hal, misalnya sarung bantal yang tidak bersih, ponsel yang kotor, kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, atau bahkan karena keringat yang menumpuk di balik hijab.

 

1
/
2