4 Manfaat Air Mawar untuk Perawatan Diri, dari Angkat Kotoran hingga Tenangkan Pikiran

Abdul Razak
Selasa 14 Desember 2021 16:01 WIB
4 Manfaat Air Mawar untuk Perawatan Diri, dari Angkat Kotoran hingga Tenangkan Pikiran
Manfaat air mawar untuk perawatan diri. (celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Air mawar selalu menjadi pilihan untuk perawatan wajah. Selain memiliki berbagai kandungan yang bisa menutrisi kulit, air mawar juga dipilih karena dikenal alami dan kaya akan manfaat.

Selain itu, air mawar juga sering dijadikan bahan untuk campuran masker dan sebagai pelengkap skincare yang mampu melembabkan kulit dan membuat wajah semakin fresh.

Lalu, apa saja sih sebenarnya manfaat dari air mawar itu sendiri? Dirangkum dari Times of India, Selasa (14/12/2021), berikut ini ulasannya.

1. Membantu mengurangi kemerahan pada kulit

Air mawar juga bermanfaat untuk kulit jika mengalami kemerahan, hal ini dikarenakan minyak dari mawar memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan dari kulit yang teriritasi atau terlalu panas.

2. Mampu mengangkat kotoran dan minyakย 

Seperti yang diketahui, air mawar kerap sekali dijadikan toner untuk tahapan skincare sebagian orang. Hal itu dikarenakan air mawar ini mampu menghilangkan minyak dan kotoran yang terkumpul di pori-pori yang tersumbat. Selain itu, air mawar juga membantu dalam menjaga Ph kulit agar tetap stabil.

3. Mampu menenangkan pikiran

Aroma air mawar sendiri dikatakan mampu menambah suasana hati menjadi lebih baik dan bisa menghilangkan perasaan cemas. Selain itu, air mawar juga membantu tidur lebih nyenyak dan akan membuat bangun di pagi hari jauh lebih segar.

4. Memiliki sifat anti bakteri

Air mawar juga memiliki sifat anti bakteri yang tentunya bisa membantu seseorang untuk penyumbuhan dari bekas luka atau juga luka bakar.

Editor : Endang Oktaviyanti